Lihat ke Halaman Asli

Noto Susanto

Menata Kehidupan

Implementasi Manajemen Waktu yang Efektif

Diperbarui: 28 November 2020   17:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri


Oleh : Noto Susanto,S.E,M.M.CSTMI,CPHCM,CNHRP,CNLP.

Waktu menjadi hal penting? di dalam kehidupan yang dijalani manusia waktu demi waktu terus berlalu,seakaan-akan hidup hanya mengejar waktu.

Pernah tidak kita berpikir atau tidak sengaja mengucapakan waktu sangat cepat berlalu,tidak terasa hari minggu,tidak terasa awal bulan,tidak terasa bulan puasa,tidak terasa waktunya lebaran,dan tidak terasa tahunpun berganti dan seterusnya.

Waktu yang berputar selama 1 X 24 jam satu hari dan satu malam, seminggu 7 hari,sebulan 30 hari, dan setahun  365 hari  merupakan hitungan hari yang begitu cepat berputar dalam berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh manusia tersebut.

Diantaranya kehidupan yang akan dilalui adalah waktu bekerja, waktu usaha, waktu sekolah, waktu untuk keluarga serta waktu yang lainnya.

Kehidupan manusia dalam kondisi apapun,harus mampu mengelolah dan mengatur waktu sebaik mungkin supaya semua kegiatan dapat terukur dengan melihat waktu yang sudah di tentukan.

Mengelolah waktu yang terukur merupakan proses mengatur waktu agar merasa bahwa waktu itu penting dan tidak digunakan dengan sia-sia atau membuang waktu dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Bagaimana mengatur waktu yang baik dan bermanfaat serta efektif terutama dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan baik aktifitas rutin atau aktifitas di luar rencana.

Waktu yang efektif menjadi kekuatan kita berpikir bagaimana membuat perencanaan waktu yang lebih bermakna.Perencanaan dibuat bisa dimulai dari hal yang kecil saja sehingga rencana waktu yang besar lebih mudah dipikirkan.

Perencanaan waktu skala kecil bisa dipikirkan dengan kegiatan yang rutin atau kegiatan sehari-hari,seperti kita membuat perencanaan dari bangun tidur di pagi hari sampai dengan waktu tidur di malam hari.

Membuat perencanaan dengan berbagai macam aktifitas tentunya banyak pertimbangan dan hal kemungkinan terutama menentukan proritas waktu yang tidak menentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline