Lihat ke Halaman Asli

Strategi, Metode, dan Pendekatan Moral Anak Usia Dini

Diperbarui: 24 September 2025   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Strategi Pembelajaran Moral 

Pengembangan moral anak usia dini bertujuan membentuk perilaku moral melalui perhatian pada dasar-dasar dan kondisi yang mempengaruhi perkembangan moral anak (Hasbi, 2021). Strategi yang digunakan meliputi latihan dan pembiasaan, aktivitas bermain, serta pembelajaran. Pendidikan moral juga terkait dengan pembelajaran nilai dan pengembangan watak seperti kejujuran, penghargaan, keberanian, dan persahabatan (Fardiansyah, 2022) 

Tahapan Usia & Fokus 

0-2 tahun: melatih kemandirian dan rasa aman. 

2-4 tahun: membedakan baik-buruk dan menyelesaikan masalah sederhana. 

4-6 tahun: berinisiatif dan mempraktikkan perilaku baik. 

• Cara Belajar Moral 

Meniru orang dewasa atau tokoh idola. 

Coba-coba: perilaku dipuji diulang, disalahkan dihentikan. Cerita/dongeng untuk memudahkan pemahaman nilai. 

• Pendekatan Komprehensif 

Kelas: guru sebagai teladan, diskusi nilai, kegiatan etika. Sekolah: budaya religius, etis, disiplin; ekstrakurikuler positif. Rumah & masyarakat: orang tua mendukung kebiasaan baik anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline