Strategi Pembelajaran Moral
Pengembangan moral anak usia dini bertujuan membentuk perilaku moral melalui perhatian pada dasar-dasar dan kondisi yang mempengaruhi perkembangan moral anak (Hasbi, 2021). Strategi yang digunakan meliputi latihan dan pembiasaan, aktivitas bermain, serta pembelajaran. Pendidikan moral juga terkait dengan pembelajaran nilai dan pengembangan watak seperti kejujuran, penghargaan, keberanian, dan persahabatan (Fardiansyah, 2022)
Tahapan Usia & Fokus
0-2 tahun: melatih kemandirian dan rasa aman.
2-4 tahun: membedakan baik-buruk dan menyelesaikan masalah sederhana.
4-6 tahun: berinisiatif dan mempraktikkan perilaku baik.
• Cara Belajar Moral
Meniru orang dewasa atau tokoh idola.
Coba-coba: perilaku dipuji diulang, disalahkan dihentikan. Cerita/dongeng untuk memudahkan pemahaman nilai.
• Pendekatan Komprehensif
Kelas: guru sebagai teladan, diskusi nilai, kegiatan etika. Sekolah: budaya religius, etis, disiplin; ekstrakurikuler positif. Rumah & masyarakat: orang tua mendukung kebiasaan baik anak.