Lihat ke Halaman Asli

Begini Alur Kegiatan Guru dan Tendik Berprestasi

Diperbarui: 27 Agustus 2018   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Selain mendapat uang pembinaan, Rp. 20.000,000 untuk juara 1,Rp. 17.500.00,- untuk juara 2, Rp. 15.000.000,- , para pemenang lomba guru dan tendik berprestasi akan mendapatkan hadiah tambahan berupa laptop, dan sertifikat, bahkan, pemenang 1 dari berbagai kategori di Direktorat PAUD  akan diberangkatkan ke luar negeri untuk melakukan kunjungan singkat selama 10 -- 14 hari. Para pemenang 1 tahun 2017 direncanakan akan melakukan kunjungan ke Denmark tahun ini.

Berbeda dengan lomba-lomba di Kesharlindung lainnya, yang harus mendaftar secara online melalui laman Kesharlidung, kegiatan lomba Guru dan Tenaga Kependidikan (Pengawas, Kepala Sekolah) Berprestasi, tidak mendaftar melalui medsos. Hal itu disebabkan seleksi Gupres dan Tendik Berprestasi dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari tingkat kabupaten/kota. Bahkan untuk tingkat kabupaten/kota bisa diawali dari lingkungan sekolah, UPTD, baru tingkat Kabupaten/Kota.

Waktu pelaksanaan lomba guru dan tendik berprestasi ini biasanya dimulai dari bulan April dan Mei untuk seleksi di tingkat Kabupaten/Kota. Selanjutnya, peserta yang terpilih di tingkat tersebut, akan melakukan kompetisi di tingkat provinsi pada bulan Juni sampai Juli. Di pusat kegiatan seleksi dilaksanakan pada bulan Agustus. Biasanya para pemenang diikutkan pada kegiatan upacara peringatan Hari Kemerdekaan di istana Negara.

Guru atau kepala sekolah yang terpilih di tingkat sekolah, harus menyiapkan persyaratan lomba seperti portopolio, artikel atau karya tulis, bahan presentasi, dan juga harus mengikuti tes. Untuk lomba Gupres dan Tendik Berprestasi di Kesharlindung Dikdas dan Dikmen, tidak terlalu ditekankan pada portopolio. Namun, di Kesharlindung PAUD, persyaratan portopolio masih dipersyaratkan.

Kegiatan Guru dan Tendik Berprestasi ini dilaksanakan oleh 4 Direktorat dan 8 subdirektorat, yakni Direktorat PAUD & Dikmas, Direktorat Tendik, Direktorat Dikdas, dan Direktorat Dikmen. Masing-masing direktorat, lomba dilaksanakan oleh Subdirektorat Kesharlindung (Kesejahteraan, Penghargaan, Perlindungan), dan Subdirektorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Kegiatan Guru dan Tendik Berprestasi dan Berdedikasi biasanya diikuti oleh 800 guru di seluruh Indonesia. Kegiatan pengumuman hasil lomba dilaksanakan secara serentak di gedung D. Untuk Dikmen dilaknsakan di gedung D lantai 12.

Ajang guru dan kepala sekolah berprestasi ini merupakan pembaharuan dari program pemilihan guru teladan. Sejak awal tahun 2000-an, program tersebut diubah menjadi Guru dan Tendik Berprestasi. Ajang ini dilaksanakan setiap tahun untuk memotivasi guru agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pembelajaran. Apresiasi yang diberikan diharapkan juga menjadi penyemangat yang menginspirasikan guru dan tendik lain untuk meraihnya di tahun yang berbeda. Ayo, guru, tendik, tunjukkan prestasi kalian!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline