Lihat ke Halaman Asli

Nashifah QurrotuAini

Murid SMAI IC Baitul Izzah

Manfaat Rempah untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Diperbarui: 31 Juli 2021   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada kondisi pandemi seperti ini, kita perlu menjaga kesehatan terutama imun kita. Ada banyak cara agar kita tetap sehat untuk mencegah penyakit masuk. Salah satunya memanfaatkan rempah-rempah yang ada di negara kita ini. Seperti yang kita tahu negara kita adalah salah satu penghasil rempah terbanyak di dunia. Setiap rempah pasti memiliki manfaatnya tersendiri. Berikut beberapa rempah yang mempunyai manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. 

1. Jahe Merah, dilansir dari media kontan.co.id, Jahe merah mengandung gingerol, limonene, aspartic,caprylic acid, capsain, chlorogenic acid, dan farnesol. Kandungan tersebut yang membuat jahe merah bisa meningkatkan atau menjaga daya tahan tubuh kita. Mengolahnya bisa dengan dibuat wedang jahe.

2. Sereh, sereh mengandung minyak atsiri, vitamin C dan vitamin B2 yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengolahnya bisa dengan membuat minuman herbal yang dicampur dengan beberapa rempah lainnya.

3. Kunyit, kunyit mengandung curcumin yang bisa meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Mengolahnya bisa dengan membuat minuman herbal seperti jamu atau dicampur dengan rempah lain seperti sereh.

4. Lengkuas, rempah ini mengandung glikosida kuersetin yang mempunyai efek antioksidan, senyawa itulah yang berperan dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit.

Sebenarnya masih banyak rempah lain yang mempunyai manfaat untuk meingkatkan daya tahan tubuh. Namun saya hanya menuliskannya 4 dari banyaknya rempah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dari saya, salam sehat !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline