Lihat ke Halaman Asli

Nani Isnaeni

Guru Ekonomi

Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Problem Base Learning dan Metode Economic Bingo Game

Diperbarui: 6 Desember 2022   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Lokasi

SMA Negeri 1 Kandangserang

Lingkup Pendidikan

SMA

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan keaktifan siswa pada ssaat pembelajaran

Penulis

Nani Isnaeni

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Metode pembelajaran kurang menarik
  • Metode yang digunakan guru masih konvensional. Guru belum menerapkan pembelajaran inovatif. Kondisi guru yang belum mengoptimalkan model pembelajaran inovatif berimbas pada peserta didik yang pasif dan tidak terbiasa  berperan aktif. Mayoritas guru lebih terbiasa menggunakan model pembelajaran monoton yaitu ceramah sehingga pembelajaran yang tercipta tidak berpusat pada peserta didik. Peserta didik juga tidak terbiasa menggunakan teknologi dalam pembelajaran sehingga menganggap pembelajaran itu sebagai kegiatan yang monoton dengan mendengarkan guru berceramah.
  • Rasa percaya diri siswa rendah
  • Rasa percaya diri siswa dapat terlihat pada proses pembelajaran, dimana siswa kurang berani menyampaikan pendapat. Selain itu peserta didik belum bisa mengeluarkan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga siswa mudah pasrah dengan kemampuannya. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
  • Siswa belum memahami isi materi
  • Sebagian besar siswa yang kurang aktif diakibatkan dari meraka belum memahami isi materi sehingga siswa kurang paham dengan apa yang sedang dipelajari. Akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.

Dari identifikasi permasalah tersebut dipilih satu yang akan      diselesaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan cara penerapan model pembelajaran Problem Base Learning dengan metode permainan Bingo Game dan penggunaan quizizz dalam penilaian.

Penerapan model PBL dan metode pembelajaran melalui permainan Bingo Game dapat meningkatkan keaktifan siswa secara individu maupun kelompok dimana setiap siswa dalam kelompok memiliki tugas masing-masing. Metode pembelajaran Bingo Game ini juga dapat membuat siswa lebih tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran dan mengurangi rasa bosan siswa dalam belajar. Selain itu penggunaan quizizz juga bisa membuat siswa bersemangat dalam mengerjakan soal-soal karena lebih menarik dibandingkan dengan mengerjakan soal secara manual. Manfaat dari praktik pembelajaran ini adalah:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline