Belanja adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, pakaian, barang rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, dan kebutuhan lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, internet saat ini sudah menjadi sesuatu yang sangat mudah didapatkan masyarakat, mulai dari remaja,tua, hingga dewasa. Maka tidak jarang banyak orang beralih menggunakan internet untuk membuka beberapa situs, salah satunya adalah situs belanja online.
Tingginya aktivitas bisnis berbelanja online pada saat ini memberikan peluang bagi para pelaku usaha terutama pelaku bisnis marketplace, hal ini terlihat dari perkembangan bisnis online yang semakin menjamur (Choiri, 2020) ia mengatakan perkembangan bisnis online di Indonesia sangat baik dimana bisa dilihat dari banyaknya online shop baru bermunculan sehingga banyak masyarakat mulai menyadari bahwa internet mampu membantu mereka menambah penghasilan dan memancingkan kembali sifat konsumtif masyarakat khususnya dalam berbelanja online sebagai jalan untuk memperoleh penghasilan atau keuntungan bagi siapapun yang terlibat dalam kegiatan bisnis online.
Berdasarkan data diatas memperlihatkan bahwa kategori konsumen dunia berbelanja online didominasi oleh kategori fashion & beauty serta elektronik masing-masing sekitar 18%. Sedangkan yang lain kategori belanja online konsumen dunia bervariasi. Dari data ini juga menggambarkan bahwa terdapat perilaku konsumtif yang cukup tinggi dilakukan konsumen dunia untuk berbelanja fashion & beauty melalui berbelanja online. Artinya, perilaku konsumtif konsumen menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis.
Frekuensi Belanja Online Masyarakat Indonesia (Center, 2023)
Berdasarkan diagram diatas memeperlihatkan frekuensi konsumen di Indonesia yang melakukan belanja online melalui berbagai platform marketplace terdapat hanya 6% responsen yang mengaku tidak menggunakan platform marketplace untuk berbelanja. Dari hasil ini responden yang tersebar dari 34 provinsi sebanyak 37,9% masyarakat Indonesia mengaku belanja online dengan frekuensi beberapa bulan sekali, 27 responden mengaku pernah belanja online sebulan sekali. Melalui data ini memperlihatkan tingkat konsumtif masyarakat atas be;anja online cukup tinggi hal ini ditandai dengan semakin membaiknya perekonomian daerah dan nasional.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI