Lihat ke Halaman Asli

Nanang A.H

Jurnalis

Hati-hati Serangan Angina, Berakibat Kematian, dan Pencegahannya

Diperbarui: 6 Februari 2023   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi serangan Angina (gambar by Unsplash)

Tiba tiba lemas, sesak napas, dada terasa berat, dan terasa sakit dibagian punggung. Itulah beberapa keluhan yang dialami tetangga saya beberapa jam sebelum menghembuskan napas yang terakhir.

Padahal menurut informasi dari kerabat saya, tidak ada tanda tanda keluhan sakit sebelumnya. Sehabis pulang pengajian sore yang dilaksanakan disebuah perumahan, lalu tetangga saya pulang kerumah. Di rumah dia curhat kepada istri serta anaknya tentang keluhannya yang menimpanya, dan memintanya untuk dipijit dibagian punggung.

Namun setelah beberapa saat, kondisi tidak kunjung membaik, dan napas pun terasa berat, lalu keluarga langsung membawanya ke Rumah Sakit terdekat, Sebelum akhirnya dinyatakan meninggal oleh dokter. Menurut diagnosa dokter rumah sakit, tetangga saya terserang Angina, atau Angina Pectoris atau lebih dikenal secara umum angin duduk.

Sebenarnya apa itu Angina atau angin duduk itu? Apakah ada  hubungannya dengan serangan jantung?. Seperti dlansir dari laman American Heart Association Angina adalah sebuah kondisi dimana dada terasa nyeri atau merasa tidak nyaman dimana hal tersebut disebabkan ketika otot jantung anda tidak mendapatkan suplai darah yang kaya akan oksigen, hal tersebut berakibat pada dada terasa seperti ada tekanan.

Selain dada yang terasa sakit juga biasanya ada beberapa titik sakit lainnya, seperti dibagian bahu, leher, rahang, lengan, atau perut. Terkadang juga ada yang terasa seperti sakit pencernaan. Bahkan di kasus lain ada juga yang tidak merasakan sakit, namun hanya terasa sesak napas.

Namun Angina atau angin duduk bukan merupakan penyakit, namun hal ini adalah bagian dari gejala penyakit jantung coroner. Faktor penyebabnya adalah adanya penyempitan dan atau penyumbatan dalam pembuluh darah, sehingga darah yang mengangkut oksigen gagal dialirkan ke otot jantung karena tersumbat.

 

Beberapa Penyebab Angin Duduk Atau Angina

Seperti kita ketahui bahwa darah membawa oksigen dan nutrisi penting yang diperlukan otot jantung agar dapat berfungsi dengan baik. Biasanya yang menjadi masalah adalah ketika otot jantung mengalami kekurangan oksigen, maka seseorang bisa mengalami apa yang disebut iskemia atau kurang suplai darah.

Dikutip dari laman Healthline  berikut ini adalah beberapa penyebab angin duduk:

  • Penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan timbunan lemak
  • Adanya gumpalan darah di pembuluh darah
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit diabetes yang kurang terkontrol
  • Kebiasaan merokok atau sering terpapar asap rokok
  • Obesitas atau kegemukan
  • Kurang Olahraga atau Mager (malas gerak)
  • Stres
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline