Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Amatullah

Mahasiswa S1 Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

Pemilihan Media dalam Komunikasi Bisnis

Diperbarui: 3 November 2022   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belanja di e-commerce menjadi pilihan banyak remaja saat ini. Dok. pribadi

Komunikasi menjadi hal yang penting dalam kehidupan manusia, tidak mungkin seseorang tidak berkomunikasi karena manusia adalah makhluk sosial yang tentunya saling membutuhkan. Tujuan manusia berkomunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dan dapat diterima dengan baik oleh si penerima(receiver). Tentunya kita perlu menentukan media komunikasi yang akan kita pakai agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Mengutip buku Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi (2019) Riinawati, pemilihan media yang tepat berperan penting terhadap efesiensi dalam mencapai komunikan.

Pentingnya memilih media yang tepat berlaku pada seluruh ruang lingkup komunikasi termasuk komunikasi bisnis. Bukan seperti dahulu kala ketika penjual harus menjajakan barangnya secara langsung kepada penjual, sekarang seseorang dapat berbisnis melalui online saja. Apalagi semenjak virus COVID-19 melanda dunia, tren belanja online melalui e-commerce melonjak drastis.Namun jual-beli secara langsung masi menjadi pilihan untuk berbisnis. Semua tergantung target yang akan kita capai. Ketika kita ingin menargetkan generasi millenial tentunya e-commerce bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun ketika kita menargetkan pasar untuk dewasa yang sudah cukup berumur, belum tentu mereka menguasai teknologi pembelian secara online maka jual-beli langsung adalah pilihannya.

Penting bagi seorang pebisnis memahami pasar yang akan dihadapinya kemudian menentukan media ataupun platform yang paling tepat untuk mempromosikan produk. Dalam dunia bisnis biasa disebut media promosi. Contohnya ketika ingin memasarkan make up khusus remaja,seorang pebisnis bisa memilih platform seperti tiktok, instagram atau twitter yang sering diakses oleh anak remaja zaman sekarang atau ketika ingin mempromosikan alat kebersihan modern bisa melakukan promosi melalui sinetron yang segmentasinya adalah ibu-ibu rumah tangga.

Setelah memilih platform online, penting juga untuk menyiapkan tipe konten yang akan di hadirkan dalam platform tersebut. Siapkan konten yang menarik dan penuh inovasi baru.Dewasa ini, masyarakat juga menyukai sesuatu yang berbeda, ekstreme dan unik yang dapat membuat mereka penasaran dan merasa harus membeli produk yang dilihatnya.Atau bisa memperkenalkan produk melalui artis atau influencer yang memiliki pengaruh di dalam media sosial.Hal-hal diatas penting untuk diperhatikan agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan ketika berbisnis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline