Lihat ke Halaman Asli

mulyanto

belajar sepanjang hayat

Dari Panti Kukejar Matahari

Diperbarui: 4 Maret 2019   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semangat tanpa batas adalah doktrin di Panti Asuhan Muhammadiyah (Paymuh) Sumenep sejak 25 tahun-an silam. Selain itu, pengasuh kami mengatakan: sukses itu milik semua orang, bukan hanya milik anak orang kaya atau anak raja saja.

Alhasil, kini deretan alumni panti telah banyak yang menjadi "orang" di negeri ini. Mereka tersebar di berbagai profesi.

Tak mau ketinggalan, para santri panti Muhamamdiyah Sumenep angkatan saat ini juga ingin menoreh karya fenomenal. Melalui bukulah mereka ingin menyumbang "hadiah intelektual" untuk peradaban. Bukunya berjudul "Dari Panti Kukejar Matahari: Antologi Hikmah Kehidupan Anak Panti".

Buku ini berisi antologi kisah manis dan sarat hikmah. Merupakan pengalaman berharga penuh makna dan berkesan dalam penggalan hidup para santri Paymuh Sumenep.

Hasbi As-Siddiqi, satu penulis pada diskusi buku di Jakarta mengatakan dengan buku yang ditulisanya ia banyak bercermin. Dikatakan anak panti bukan orang susah karena semua kebutuhannya sudah ada yang menanggung.

"Justru ternyata masih ada banyak orang yang lebih kekurangan daripada kita. Seperti tulisan saya di buku ini, Pak Tua Si Penjual Kacang itulah yang lebih butuh uang dariapada saya," ujar pelajar kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 1 Sumenep itu.

Hasbi menulis kisah dirinya bertemu dengan penjual kacang miskin mengetuk hatinya untuk membayar lebih untuk membeli kacang. Ia mengaku tidak butuh kacang tapi ia perlu meringankan beban hidupnya semampu Hasbi.

Di buku yang setebal 90 halaman itu aktualisasi pendidikan karakter menolong sesama tumbuh berkembang baik di diri para santri lainnya. Amir ma'ruf, misalnya, ia menulis kisah dirinya yang senang membantu ibunya. Ia membelikan singkong ke pasar, membantu menggorengkan, bahkan membantu menjajahkan kripik singkongnya kepada rekan-rekannya di sekolah semasa SMP.

cover buku - dokpri

Buku ini resmi diluncurkan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (26/2). Acara dikuti 70 perwakilan pengurus dan santri Panti Muhammadiyah se-Jabodetabek. Pada Peluncuran dan Diskusi Buku hadir Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Dr Abdul Mu'ti MEd, Wakil Ketua MPS PP Muhammadiyah Rita Pranawati, Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto yang juga alumni Panti tersebut (2001), dan Pengasuh Panti Muhammadiyah Sumenep Ahmad Riadi.

 Dr Abdul Mu'ti MEd pada sambutannya menyatakan, PP Muhammadiyah menyambut baik dan mendukung penuh inisiatif tersebut.

"Bahasanya enak dibaca. Buku ini singkat bahasanya mengalir. Sehingga dibaca sambil nunggu boarding pesawat atau menunggu tamu bahasanya sangat enak sangat cair. Ini buku kisah nyata bukan fiktif bukan fiksi. Cerita dari pengalaman pribadi para penulisnya," ujar Mu'ti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline