Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Syafiq Helmi

COO Shafwah Group and Student of Paramadina University

Trade Off and Unique Activities

Diperbarui: 15 November 2020   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pembukaan 

Perputaran Ekonomi pada suatu negara sangat terpengaruh oleh permintaan pasar yang sangat cepat berubah (Rapid changing). Menarik benang merah masalah tersebut, mengingat konsep kelangkaan (scarcity) yaitu bahwa keinginan manusia relatif tidak terbatas, sedangkan alat pemenuh keinginan tersebut terbatas.

Dengan kata lain alat pemenuh keinginan tidak cukup untuk memenuhi semua keinginan yang tidak terbatas tersebut, sehingga untuk mendapatkan alat pemenuh keinginan memerlukan pengorbanan-pengorbanan yang lain.

Pengorbanan ini berarti kita merelakan sesuatu secara mau tidak mau yang kita harapkan untuk mendapatkan hal lain yang juga kita harapkan. Perilaku merelakan sesuatu demi mendapatkan sesuatu yang lain artinya menukar atau berkorban (trade-off) satu hal untuk mendapatkan hal lain.

Dalam aplikasinya Trade off harus diiringi dengan unique activities yang artinya kegiatan yang unik, maksudnya adalah para pembisnis atau pengusaha harus berfikiran innovative, proactive, dan risk taking, Kenapa ?

Karena untuk  melakukan pengorbanan (Trade off) sesuatu yang juga kita inginkan perlu pertimbangan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih bernilai, maka dari itu para pengusaha atau pembisnis harus melakukan langkah-langkah yang unik, menarik, atau hal-hal trobosan yang baru untuk melakukan Trade off dalam menarik para pelanggan dalam perdagangan pasar bebas.

Pengertian 

Elistia (2017:1) Trade off adalah situasi dimana seseorang harus membuat keputusan terhadap dua hal atau lebih, mengorbankan atau kehilangan suatu aspek dengan alasan tertentu untuk memperoleh aspek lain dengan kualitas yang berbeda sebagai pilihan yang diambil.

Perilaku Trade off adalah ketika seseorang menginginkan sesuatu, maka harus dapat mengorbankan sesuatu yang lain. Setiap orang yang menginginkan suatu barang berkualitas, maka harus ada sesuatu yang dikorbankan untuk mendapatkan barang tersebut. Pengorbanan (trade-off) bisa dalam bentuk waktu, uang, tenaga, dan lain sebagainya.

Pada hakikatnya Teori Trade off dan Unique Activities adalah sifat wajib Enterpreneurial Marketing. Karena dalam Trade off Harus diiringi dengan perilaku innovative, proactive, dan risk taking sehingga menghasilkan kegiatan atau sesuatu yang unik dan menarik (Unique Activities).

Contoh :

  • Perusahaan Perhotelan menerapkan promo "pay 5 days, stay 7 days". Ini adalah sesuatu Trade off yang unik dan menarik para pelanggan, karena para calon pelanggan akan membayar lima hari, tetapi bisa menetap tujuh hari, artinya dipromo tersebut ada pengorbanan untuk memberi gratis dua malam demi menarik pelanggan yang akan membayar lima malam.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline