Lihat ke Halaman Asli

Mirna Basthami

Mirna Basthami

Pentingnya Taman Bermain Anak-anak: Korelasi Elemen Buatan dan Alam terhadap Pembentukan Karakter

Diperbarui: 27 Agustus 2021   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Sumber: Dokumen Pribadi

Yuval Noah Harari seorang sejarahwan mengatakan bahwa sebuah sejarah tidak akan pernah terulang kembali.  Begitu juga dalam kehidupan kita sebagai manusia terhitung sejak masa kanak-kanak. Masa dimana penuh dengan memori yang pada akhirnya menjadi pondasi mereka untuk berpijak dimasa depan. 

Memang masa penuh bermain namun bermain yang sangat penting dalam pembentukan karakter mereka. Dan, taman bermain sebagai alat yang sangat membantu untuk tumbuh kembang dimasa ini.Masa dimana sering diidentikkan dengan waktu untuk bermain. Tidak ada masa yang paling padat waktu bermainnya ketimbang masa anak-anak. 

Pada masa ini, bermain adalah proses membangun diri, membangun mental, membangun kekuatan fisik, membangun bahasa dan membangun kemampuan sosialisasi anak. 

Karena seyogyanya, bermain dan belajar itu seperti raga dan jiwa bagi anak-anak. Tanpa raga, jiwa hanyalah udara hampa. Tanpa jiwa, raga adalah kerangka tanpa makna.

Bermain mempunyai manfaat yang besar bagi perkembangan anak. Taman bermain adalah merupakan area yang nyata untuk mengajar anak-anak secara langsung. Karena bermain mempunyai manfaat yang besar bagi perkembangan anak. 

Dengan bermain, sianak mendapatkan sangat banyak pembelajaran yang tentu saja sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka secara langsung.

Sejarah adanya pertama kali taman bermain yaitu dibuat di Jerman. Negara tersebut menginstruksikan membuat taman bermain sebagai area pembelajaran untuk anak-anak. Mereka mengkreasi dan membuat area bermain untuk mengajar anak-anak sebagai area yang nyata untuk mereka bermain. 

Konsep ini kemudian diadopsi negara lain di dunia yang ditujukan untuk pengembangan aspek masa pertumbuhan anak-anak termasuk di Amerika Serikat yang pertama kali dibuat di San Fransisco di area Golden Gate Park pada tahun 1887,.

Kemudian, taman bermain untuk umum diperkenalkan di seluruh negeri pada tahun 1907 oleh Presiden Roosevelt yang mana salah satu pernyataan beliau yang sangat berkesan yaitu:

"Jalan-jalan kota adalah taman bermain yang tidak memuaskan untuk anak-anak karena berbahaya. Halaman belakang maupun halaman rumput depan rumah tidak dapat memenuhi kebutuhan bermain anak-anak kecil. Anak-anak yang lebih tua yang bermain pertandingan-pertandingan olahraga harus mempunyai tempat yang khusus untuk keperluan tersebut. Dan karena bermain adalah kebutuhan dasar, taman bermain harus disediakan untuk setiap sekolah bahkan lingkungan ataupun perkotaan".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline