Lihat ke Halaman Asli

MI Thoriqul Huda

Pusat Riset dan Berita Suku Tengger

Nggak Hanya Belajar-Mengajar, Inilah Aktivitas Lainnya MIDA Ranupani

Diperbarui: 21 September 2022   15:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ranupani - Memiliki sekolah yang memberikan kesempatan bagi siswa-siswinya dalam pemenuhan kebutuhan belajar, pembentukan karakter, dan up-skill bakat siswa menjadi pilihan utama bagi orang tua. 

Dengan adanya madrasah ibtidaiyah di desa Ranupani, maka akan dibantu dalam memahami berbagai macam ilmu pengetahuan yang terus berkembang. 

Aktualisasi dirinya merupakan capaian yang sangat penting bagi siswa agar dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat. Beragam kegiatan yang dilakukan MIDA Ranupani sangat diharapkan menjadi proses yang baik dalam aktivitas belajar sepanjang hayat.

 

Dokpr

Kegiatan ini berkerjasama dengan Yayasan Madaniyah Senduro dan Omah Wakaf Sidoarjo dalam menyalurkan Alquran Gratis kepada masyarakat di Desa Ranupani. Bertempat di Mushola Baitul Hamdi Ranupani, para jamaah mushola menerima dengan senang hati. Mida Ranupani juga terus berkomitmen untuk membentuk kader-kader cilik yang nanti dapat memakmurkan masjid dan mushola. 

Pembelajaran diniyah mencakup akidatul awam, asmaul husna, pelajaran huruf pegon, menulis alquran sendiri, belajar khot, dan praktek adzan, iqomah, sholat, wudhu, tayamum, dsb.

 

Dokpri

Kegiatan ini adalah Sedekah Kirim untuk Almarhum (Hamba Allah) yang dilaksanakan di Ruang Mida Ranupani. Pihak keluarga menginginkan kegiatan ini bersifat tertutup di madrasah saja. Siswa-siswi dan keluarga mengikuti kegiatan ini dengan hikmat dan kyusu'. Acara dimulai dengan tawasul, tahlil, dan diakhiri dengan doa. Setelah itu siswa makan bersama di madrasah.

Dokpri

Kegiatan ini adalah ulang tahun salah satu siswa Mida Ranupani. Kegiatan syukuran atas bertambahnya usia, dan bertambahnya ilmu pengetahuan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline