Mohon tunggu...
MI Thoriqul Huda
MI Thoriqul Huda Mohon Tunggu... Guru - Pusat Riset dan Pengembangan Data

Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Nggak Hanya Belajar-Mengajar, Inilah Aktivitas Lainnya MIDA Ranupani

21 September 2022   09:58 Diperbarui: 21 September 2022   15:56 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ranupani - Memiliki sekolah yang memberikan kesempatan bagi siswa-siswinya dalam pemenuhan kebutuhan belajar, pembentukan karakter, dan up-skill bakat siswa menjadi pilihan utama bagi orang tua. 

Dengan adanya madrasah ibtidaiyah di desa Ranupani, maka akan dibantu dalam memahami berbagai macam ilmu pengetahuan yang terus berkembang. 

Aktualisasi dirinya merupakan capaian yang sangat penting bagi siswa agar dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat. Beragam kegiatan yang dilakukan MIDA Ranupani sangat diharapkan menjadi proses yang baik dalam aktivitas belajar sepanjang hayat.

 

Dokpr
Dokpr

Kegiatan ini berkerjasama dengan Yayasan Madaniyah Senduro dan Omah Wakaf Sidoarjo dalam menyalurkan Alquran Gratis kepada masyarakat di Desa Ranupani. Bertempat di Mushola Baitul Hamdi Ranupani, para jamaah mushola menerima dengan senang hati. Mida Ranupani juga terus berkomitmen untuk membentuk kader-kader cilik yang nanti dapat memakmurkan masjid dan mushola. 

Pembelajaran diniyah mencakup akidatul awam, asmaul husna, pelajaran huruf pegon, menulis alquran sendiri, belajar khot, dan praktek adzan, iqomah, sholat, wudhu, tayamum, dsb.

 

Dokpri
Dokpri

Kegiatan ini adalah Sedekah Kirim untuk Almarhum (Hamba Allah) yang dilaksanakan di Ruang Mida Ranupani. Pihak keluarga menginginkan kegiatan ini bersifat tertutup di madrasah saja. Siswa-siswi dan keluarga mengikuti kegiatan ini dengan hikmat dan kyusu'. Acara dimulai dengan tawasul, tahlil, dan diakhiri dengan doa. Setelah itu siswa makan bersama di madrasah.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan ini adalah ulang tahun salah satu siswa Mida Ranupani. Kegiatan syukuran atas bertambahnya usia, dan bertambahnya ilmu pengetahuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun