Lihat ke Halaman Asli

Milda Aulia

Mencoba hal baru

Masuk STAN di 2021? Yuk Pahami Kriterianya

Diperbarui: 29 Desember 2020   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Baru-baru ini Publik dihebohkan dengan berita mengenai salah satu sekolah kedinasan yang populer di kalangan masyarakat yaitu mengenai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPBM) PKN STAN Tahun 2021. 

Setelah pada tahun 2020 sekolah kedinasan ini tidak mengadakan penerimaan mahasiswa baru, kemarin ada info beredar dari BPPK Kementerian Keuangan pada tahun 2021 akan ada penerimaan mahasiswa baru loh. Namun nampaknya ada klarifikasi resmi dari BPPK Kementerian Keuangan yang mengatakan bahwa info yang beredar bukan merupakan info resmi. Daripada menunggu info ga pasti mendingan apapun yang terjadi lebih baik dipersiapkan syarat dan ketentuannya yuk!

Harus IPS atau SMK atau IPA?

Jawabannya bisa semua SMA dengan jurusan IPA, IPS dan juga SMK atau MAN atau sederajat. Namun ada yang perlu digarisbawahi mengenai hal ini. Untuk jurusan  IPS wajib menggunakan UTBK berbasis Soshum dan untuk jurusan IPA wajib menggunakan UTBK berbasis Soshum dan Saintek (IPC) dalam syarat penerimaan mahasiswa baru.

Apa aja yang harus disiapin untuk pendaftaran?

Berdasarkan syarat penerimaan mahasiswa Tahun 2019 yang harus dipersiapkan adalah:

1. Kelulusan SMA 

 Minimal adalah kelulusan tahun yang sama dengan tahun pembukaan pendaftaran mahasiswa baru dan boleh juga bagi yang telah lulus pada tahun  sebelumnya.

2. Umur

Meskipun lulus pada tahun sebelumnya ataupun tahun yang sama dengan tahun pendaftaran, namun ada syarat umur yang mengikatnya. Umur maksimal mengikuti SPBM PKN STAN adalah 20 Tahun dan umur minimal yaitu 17 Tahun untuk DI dan 15 Tahun untuk DIII (SPBM 2019).

3. Nilai rata-rata rapor

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline