Lihat ke Halaman Asli

Miftahul Jannah

Akun Pengabdian

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Kegiatan Pengabdian dengan Mengajar di TPQ Baitul Karim

Diperbarui: 19 November 2021   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

KKN Reguler Dari Rumah Angkatan ke-77 UIN Walisongo Semarang dilaksanakan dari rumah masing-masing dengan tujuan memberikan pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

KKN RDR ini berlangsung selama 45 hari yang dimulai pada tanggal 5 Oktober 2021 dan berakhir pada tanggal 18 November 2021. Mahasiswa melakukan berbagai kegiatan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan membantu mengajar di TPQ Baitul Karim Dusun Kedungsambi Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang.

Dok. pribadi

Kegiatan mengajar di TPQ dilakukan dilakukan setiap hari terkecuali hari Jum'at. Dalam kegiatan pengajaran ini, mahasiswa KKN memberi bimbingan kepada santri-santri dalam membaca kitab Iqro Jilid. Selain itu santri-santri juga melakukan hafalan surat-surat pendek serta do'a-do'a harian. Selain jenjang jilid, terdapat juga jenjang di atasnya yakni kelas Al-Qur'an. Di jenjang inilah para santri mendapat penguatan ilmu tajwid agar nantinya para santri bisa membaca al-Qur'an dengan baik dan benar.

Kegiatan membantu mengajar di TPQ Baitul Karim berlangsung secara lancar dan mendapat respon positif dari ustad dan ustadzah, santriwan-santriwati maupun masyarakat setempat. Disampaikan oleh Ustadzah Lilis selaku pendiri TPQ Baitul Karim : "Kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang karena sudah meluangkan waktu untuk membantu mengajar di TPQ Baitul Karim, santri-santri merasa senang dan kami minta maaf apabila santri-santri di sini banyak yang rewel ketika pengajaran berlangsung".

Author: Linawati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline