Lihat ke Halaman Asli

Maya Mulyasari

Guru Tk Dharma Wanita Ngimbangan Kec Mojosari Kab Mojokerto

Koneksi Antar Materi Modul 2.1

Diperbarui: 23 Februari 2023   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

KONEKSI ANTAR MATERI

MODUL 2.1

" PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI "

Oleh :

MAYA MULYASARI, S.Pd.AUD

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 

KELAS 185 

KABUPATEN MOJOKERTO

Pembelajaran Berdiferensiasi Adalah 

  • Serangkaian Keputusan Masuk Akal ( Common Sense ) Yang Dibuat Oleh Guru Yang Berorientasi Kepada Kebutuhan Murid Serta Usaha Guru Untuk Menyesuaikan Proses Pembelajaran Dikelas Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Dari Individu Murid.
  • Guru akan senantiasa melakukan hal --hal untuk meningkatkan kemampuan multitaskingnya  secara natural, karena sudah terbiasanya guru menghadapi tantangan ini. Semua usaha tersebut tentunya dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk memastikan setiap murid di kelasnya  sukses dalam proses pembelajarannya
  • Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dikelas  dengan menyusun beberapa tahapan antara lain 

  • Menetapkan tujuan pembelajaran
  • Menganalisa kebutuhan belajar ,yaitu :
  • Kesiapan Belajar Murid ( Readiness )
  • Minta Murid
  • Profil Belajar Murid
  • Menganalisa penerapan 3 Strategi Diferensiasi
  • Diferensiasi konten
  • Diferensiasi proses
  • Diferensiasi Produk
  • Penyusunan RPP Berdiferensiasi
  • Pelakssanaan Pembelajaran Berdiferensiasi

Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal ?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline