Lihat ke Halaman Asli

Syahrir Syahrir

Pemikir dalam segala hal

Pengenalan Marketplace E-Commerce untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan pada Karang Taruna Desa Kota Batu, Bogor

Diperbarui: 8 Oktober 2021   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Efek dari era globalisasi yang semakin modern, membuat semua aktivitas kehidupan masyarakat seakan tidak lepas dari perkembangan teknologi salah satu nya adalah teknologi informasi. Seiring  dengan  berkembangnya  teknologi  dan kebutuhan   terhadap   informasi,   internetpun turut mengalami perkembangan sehingga saat ini muncul sebuah pola baru dalam melakukan   proses bisnis yaitu dengan menggunakan internet.   

Proses   bisnis yang  dilakukan  menggunakan media  teknologi  informasi dan internet tersebut  dikenal  dengan  istilah e-commerce (electronic commerce) melalui platform marketplace dimana melalui platform ini terjadi peralihan dari perekonomian tradisional ke perekonomian berbasis teknologi internet.

E-commerce diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. Sementara itu, yang dimaksud Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Marketplace tidak dapat dipisahkan dari e-commerce,  karena  sistem  yang  di gunakan  pada marketplace merupakan sistem e-commerce.

Berkembangnya internet dan penetrasi e-commerce di daerah membuat kontribusi sektor ini terus meningkat terhadap perekonomian Nusantara. Ada beberapa faktor yamg menjadi penyebab marak nya perkembangan marketpalce di Indonesia yaitu Pasar yang berorientasi mobile,  Konsumen muda dan melek digital, Peningkatan partisipasi UMKM  Bertumbuhnya investasi, Dukungan pemerintah.

Manfaat keberadaan marketpalce yang dirasakan oleh masyarakat adalah bisa menghemat waktu jual beli produk tidak harus dilakukan secara konvensional atau mendatangi toko fisik, Bisa menjadi bisnis lintas wilayah, Bisa dilakukan tanpa modal besar, fleksibilitas yang tinggi dan mengembangkan bisnis yang lebih besar.   

Kendala yang dihadapi secara umum oleh calon pelaku usaha ataupun yang sudah menjalankan bisnis secara offline adalah minimnya pemahaman tentang marketplace. Menjawab kebutuhan tersebut, para dosen dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika pada tanggal 11 September 2021 mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang di ketuai oleh Ibu Rani, S.Pd., M.M dengan Tutor Bapak Aris Kurniawan, SE,MM dibantu dengan 2 anggota lainnya yaitu Bapak Syahrir, S.Sos., M.M dan Ibu Vina Islami, S.Pi., M.M. 

Pengabdian masyarakat ini juga mengikut sertakan pula mahasiswa universitas bina sarana informatika yaitu Maya Eka Tamara, Adinda Damayanti pengabdian masyaratkat ini berbentuk PELATIHAN PENGENALAN MARKETPLACE E-COMMERCE dengan mengambil contoh berjualan pada Shopee, sasaran nya adalah kaum muda yg merupakan sumber daya potensial karena penuh dengan ide kreatif dan imajiner, sebuah modal penting dalam memulai bisnis berbasis wirausaha. Pelatihan ini diberikan secara online kepada kelompok Karang Taruna Desa Kota Batu Bogor.

Tujuan yang hendak dicapai melalui pelatihan ini adalah untuk memotivasi sekaligus memperkenalkan fungsi penting marketplace sebagai media baru dalam memasarkan produk secara lebih efisien, fleksibel dan hemat biaya iklan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung lancar, peserta sangakat aktif bertanya tentang bagaimana memulai suatu usaha pada suatu marketplace.

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline