Lihat ke Halaman Asli

Marthia Nilasari

Remember why you started.

Mengenal Manfaat Edible Flowers Lebih Dekat

Diperbarui: 24 September 2020   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Halo, readers! Selamat datang dalam blog saya. Perkenalkan saya Marthia Nilasari mahasiswi  Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta Jurusan Perhotelan. Ini merupakan wadah bagi tulisan saya untuk membagikan beberapa pengalaman maupun pengetahuan yang telah saya dapatkan, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman ya! 

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat 10 jenis edible flowers, tapi sebelumnya menurut kalian yang dimaksud edible flowers tuh apasi? Iyap, jadi edible flowers adalah bunga yang aman untuk dikonsumsi. Tapi bukan berarti semua bunga dapat dikonsumsi loh! Hanya beberapa bunga saja yang dapat kita konsumsi karena bunga tersebut memiliki banyak manfaat.

Saat ini sudah banyak restaurant yang menggunakan edible flowers di hidangan yang mereka sajikan. Alasan mereka menggunakannya bermacam -- macam, bisa untuk mempercantik penampilan suatu hidangan ataupun menambahkan aroma dan rasa di dalam hidangan tersebut. Jadi kalau kalian menemukan edible flowers di atas piring kalian saat makan di restaurant, jangan takut untuk mencoba ya!

1. Geranium Pelargonium

Vicki Fernandez

Edible Flowers ini bagus untuk disajikan mentah ataupun matang, bahkan dapat menjadi wine yang berkualitas. Tetapi dalam pemakaiannya pilihlah tunas ataupun bunga muda untuk menghasilkan rasa seperti madu. Aroma yang diberikan bunga Geranium mulai dari mawar, lemon, hingga nutmeg. Bunga ini juga dapat ditambahkan pada hidangan dessert, ice cream, ataupun ke dalam sorbet.

2. Dianthus

Marthia Nilasari

Kebanyakan edible flowers ini memiliki rasa pedas, rasa seperti cengkeh dan juga merupakan varietas edible flowers yang harum. Dianthus ideal untuk menghias kue ataupun ditambahkan ke dalam kue. Tidak hanya itu saja, tetapi dianthus juga dapat menjadi garnish untuk soup, french fries ataupun salad.

3. African Marigold

anonymous

African Marigold merupakan salah satu dari beberapa varietas yang kelopak bunganya dapat dimakan. African Marigold memiliki rasa hampir seperti buah orange. Bunga ini juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna dan penyedap alami pengganti saffron. Biasanya di beberapa restaurant menggunakan bunga ini sebagai taburan di hidangannya.

4. Dahlia

Marthia Nilasari

Dahlia mempunyai citarasa mulai dari chestnut, apel pedas hingga wortel. Edible flowers ini banyak disukai oleh para chef hingga para bartender. Dikarenakan sangat ideal digunakan sebagai garnish dalam cocktail dan juga meningkatkan rasa dan daya tarik visual makanan dari salad hingga main course. Baunya yang tajam hingga rasa pedas dari kelopaknya membuat hidangan salad semakin menggugah selera.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline