Lihat ke Halaman Asli

Maria Tanjung Sari

Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di mariatanjung81@gmail.com

Budaya Kerja yang Tidak Boleh Ada di Sebuah Perusahaan

Diperbarui: 25 November 2023   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Credit Photo: Pixabay

Tahukah kalian jika setiap perusahaan memiliki budaya kerjanya masing-masing. Saya pun akhirnya bisa menyimpulkan seperti apa sih budaya kerja yang sebaiknya tetap dilestarikan, dan budaya kerja yang harus dibuang jauh-jauh karena efek negatifnya. 

Diskusi dan tukar pikiran bersama teman-teman yang juga bekerja, meskipun kami berasal dari latar belakang pekerjaan yang berbeda, membuat saya banyak mendapat cerita tentang pengalaman teman di lingkungan kerjanya. Tentunya pengalaman di masing-masing kantor bisa menjadi rujukan bagi kami bagaimana bersikap ke depannya terhadap lingkungan kerja sendiri.

Budaya kerja merupakan nilai yang dimiliki oleh suatu perusahaan serta dijalankan oleh seluruh karyawan di dalamnya. Setiap perusahaan memiliki karakteristik budaya kerjanya masing-masing. 

Tentu saja setiap karyawan menginginkan budaya kerja positif di perusahaan tempatnya bekerja, sehingga mereka akan merasa nyaman bekerja dan mampu mengaktualisasikan diri di tempat kerja. Dengan begitu harapan ke depannya adalah karyawan bisa bekerja sebaik mungkin dan berharap mendapat promosi jabatan suatu saat kelak.

Namun dalam hidup ini, ada sisi positif dan negatif dari segala hal. Termasuk juga hal yang berkaitan dengan budaya kerja perusahaan. Bersyukur bagi kalian yang bekerja di perusahaan yang menganut budaya kerja positif dan selalu bertumbuh ke arah yang lebih baik lagi.

Tak jarang dan tanpa disadari bahwa mungkin ada beberapa lingkungan kerja yang ternyata di dalamnya tanpa sengaja menerapkan budaya kerja negatif, dimana dampaknya bisa berpengaruh kepada kinerja para karyawan itu sendiri.

Budaya Kerja Negatif yang Harus Dibuang Jauh-Jauh

Tahun berganti tahun dalam sebuah perusahaan pastinya mengharuskan merekrut karyawan baru. Hal ini disebabkan karena adanya turn over karyawan, atau bisa juga karyawan lama yang sudah waktunya pensiun. Bergantinya karyawan bisa jadi salah satu faktor penyebab budaya kerja di sebuah perusahaan juga berubah. 

Selain budaya kerja diterapkan oleh manajemen perusahaan yang bersangkutan, bisa jadi para karyawan sendirilah yang menciptakan budaya kerja tersebut. 

Jika budaya kerja positif tentu akan sangat baik sekali outputnya bagi perusahaan dan karyawan yang bersangkutan. Lalu bagaimana jika tanpa sadar budaya kerja negatif yang justru tercipta di lingkungan kerja tersebut?

Berikut budaya kerja negatif yang seharusnya tidak ada dalam sebuah perusahaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline