Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Psikologi Perkembangan di Dunia Pendidikan

Diperbarui: 31 Maret 2016   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apa sih ilmu psikologi itu? Mengapa kita harus mempelajari ilmu psikologi? Nah tentu kita semua bertanya-tanya mengenai ilmu psikologi dan psikologi sendiri terbagi bermaca-macam, ada psikologi remaja, psikologi, wanita, psikologi anak, psikologi pendidikan, psikologi kesehatan, psikologi perkembangan, dan lain sebagainya karena banyak banget pembagiannya.

Di sini akan sedikit membahas mengenai psikologi perkembangan dan peranannya dalam pendidikan.

Sebagai seorang guru diharuskan mengerti dan memahami tentang psikologi karena psikologi sangat penting kaitannya hubungan guru dengan siswa dalam proses pembelajaran, tanpa menggunakan ilmu psikologi akan sangat sulit untuk memahami semua karakter siswa dan bagaimana pendekatannya.

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa, karakter, tingkah laku manusia dalam segala aktivitasnya, manusia yang individu maupun berkelompok. Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari mengenai segala bentuk prubahan tingkah laku manusia dalam segala aktivitasnya yang cenderung menyertai pertumbuhannya.

Peranan psikologi dalam pendidikan sangat berkaitan karena untuk memudahkan guru mengetahui, memahami dan mengenal karakter siswa, supaya guru tersebut dapat menyesuaikan dirinya untuk mendidik siswa tersebut.

Peranan Psikologi Perkembangan dalam dunia Pendidikan.

1. Fakta-fakta Psikologis yang dimiliki oleh Peserta Didik

Fakta-fakta mengenai peserta didik, khususnya fakta psikologis sangat perlu dipahami oleh pendidik. Dilihat dari segi psikologis, dapat di identifikasikan sebagai berikut.

a.     Peserta didik merupakan suatu kesatuan dari berbagai aspek dalam dirinya, (bio, psiko, sosio, spiritual dan juga afektif, kognitif, maupun psikomotorik).

b.     Peserta didik memiliki berbagai potensi masing-masing.

c.      Peserta didik adalah individu yang sedang tumbuh dan berkembang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline