Lihat ke Halaman Asli

Rachmadi

Sarjana Ekonomi yang sekarang bekerja di bidang Administrasi dan Keuangan

Lubang Bahayakan Pengguna Jalan

Diperbarui: 7 Desember 2017   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika melintasi sebuah jalan di desa Blang Krung, Aceh Besar saya menemukan sekelompok warga yang tengah bersama-sama memperbaiki jalan. Ternyata jalan tersebut sudah rusak dan terdapat banyak sekali lubang yang membahayakan pengguna jalan. Posisinya tepat pada sebuah persimpangan yang ramai dilalui orang. Besar sekali bahaya yang bisa terjadi ditempat itu, makanya saya selalu berhati-hati ketika melewati jalan tersebut.

Apresiasi yang luar biasa dari saya pribadi kepada seluruh warga didesa itu, karena memiliki perhatian terhadap jalan didaerah mereka. Padahal kalu dipikir-pikir, jalan itu jalan umum dan sering dilalui oleh warga dari tempat lain. Kesadaran inilah yang terkadang kurang menghinggapi diri manusia sekarang. Kadang ada orang yang berfikir, selama ia belum merasa dirugikan maka tak perlu ada usaha untuk memperbaiki.

Saya punya pengalaman ditempat lain, ketika melintasi sebuah jalan yang kondisinya memang sudah terdapat banyak lubang. Namun pada saat itu, lubang tertutupi dengan genangan air hujan sehingga saya dan seorang teman yang duduk dibelakang tidak sadar bahwa dititik itu lubangnya sangat besar.

Alhasil ketika sepeda motor kami berada tepat pada posisi lubang, sontak saja kami terkejut karena benturan dari sepeda motor yang masuk kedalam lubang. Untungnya teman yang saya boncengi itu relfeknya cepat, sehingga dia langsung menopang dengan kedua kakinya dan kami pun tidak sampai terjatuh.

Kesal, marah dan kecewa terasa pada diri saya. Mengapa jalan yang setiap hari dilalui oleh orang dibiarkan dengan kondisi rusak parah seperti itu. Apakah karena belum mengalami kejadian seperti saya tadi? Wah, tampaknya bapak yang naik mobil itu belum pernah lewat dijalan tersebut. Sekali-kali main dong pak kesini biar bapak bisa rasakan sensasi ekstrim dijalan berlubang. Oh ya, perginya naik motor ya jangan pakai mobil dinas.

Saya kira, pemerintah harus memperhatikan kembali jalan-jalan yang sudah rusak ini. Sama saja, kalau jalannya rusak bisa dilalui tapi membahayakan pengguna jalan. Untung masih ada orang yang peduli dengan keselamatan pengguna jalan, contohnya warga desa Blang Krung tadi.

***

Sekedar Berbagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline