Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Pembelajaran Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Soal HOTS terhadap Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SD (Lusi Dhea Aguatin)

Diperbarui: 26 Desember 2023   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

INOVASI PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

 BERBASIS SOAL HOTS TERHADAP

PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD

Oleh :

Lusi Dhea Agustin

2002101095

Universitas PGRI Madiun

Email : lusidhea56@gmail.com

Jejak pendidikan di Indonesia memiliki sejarah yang begitu hebat dan banyak. Bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara pernah berkata dalam pidatonya bahwa, dalam pendidikan yang ada di Indonesia ini kurang satu hal yaitu guru belum bisa memahami potensi yang dimiliki peserta didik. Guru menganggap bahwa semua peserta didik itu memiliki kemampuan yang sama. Alhasil dengan pemikiran yang seperti ini anak menjadi kurang diperhatikan. Guru terus menuntut anak untuk bisa terhadap semua hal. Oleh karena itu, anak kurang merasakan suatu kebebasan dalam belajar. Konsekuensinya jika guru ingin memberikan yang terbaik bagi murid guru sudah selayaknya memahami bahwa beda siswa, beda cerita.

Guru adalah simbol peradaban pendidikan manusia, bayangkan saja jika negara kita tidak ada gurunya, dapat dipastikan NKRI ini akan dijajah oleh bangsa kolonial lagi. Adanya seorang guru merupakan aset negara yang perlu dipertahankan meskipun teknologi semakin canggih dan mengalahkan kecerdasan seorang guru. Kita tentunya jangan membuka diri untuk terjerumus pada efek negatif teknologi. Untuk dapat mengenali dan menggali teknologi ke hal yang lebih spesifik, tentu kita harus dapat mengusulkan suatu pola pendidikan yang saling terintegrasi antara teknologi, budaya, karakter, dan ilmu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline