Lihat ke Halaman Asli

Listhia H. Rahman

TERVERIFIKASI

Ahli Gizi

Kalau Bukan Diri Sendiri yang Memulai, Siapa Lagi?

Diperbarui: 27 November 2020   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

unsplash.com

Mau nurunin berat badan ah!

Padahal udah pas.

Kemarin udah turun berat badanku, tapi kok bulan ini nggak lagi ya?

Ternyata masih kurang~

Membahas berat badan nampaknya masih atau akan selalu jadi obrolan yang sering menghampiri saya. Dari mulai saudara dekat sampai pacarnya orang. Pembahasan sensitif tapi seksi, ya.

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi dambaan semua orang. Apalagi kalau melihat media sosial hari ini yang begitu banyak menyuguhkan kita dengan kriteria body goals. Tinggi, langsing, cantik, putih dan pinter goyang tik*tok? Eh.

Persoalan Citra Tubuh, Takut Tidak Menarik?

Sering kali pembahasan soal berat badan bukan semata-mata soal berat badan saja, melainkan lebih kepada adanya persoalan citra tubuh atau body image.  Tentang bagaimana cara pandang kita terhadap tubuh kita sendiri. Kita terutama kaum perempuan (walaupun laki-laki saya yakin juga mengalaminya) yang terlalu khawatir dengan bentuk tubuh sendiri. Pada bentuk dan ukuran tubuh tertentu, seperti berat badan dan tinggi badan.

Terlebih di zaman serba digital, tidak bisa kita hindari bahwa tuntutan citra tubuh yang dianggap proporsional makin menjadi-jadi. Kita seperti dibombardir dengan unggahan mereka yang dianggap "sempurna".  

Tuntutan yang juga banyak didorong takut tidak menarik, yang kemudian membentuk standar kepopuleran tubuh sesuai dengan mereka yang dianggap sempurna.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline