Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi

❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Kalau Bukan Diri Sendiri yang Memulai, Siapa Lagi?

24 November 2020   22:14 Diperbarui: 27 November 2020   21:55 241 22 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalau Bukan Diri Sendiri yang Memulai, Siapa Lagi?
unsplash.com

Mau nurunin berat badan ah!

Padahal udah pas.

Kemarin udah turun berat badanku, tapi kok bulan ini nggak lagi ya?

Ternyata masih kurang~

Membahas berat badan nampaknya masih atau akan selalu jadi obrolan yang sering menghampiri saya. Dari mulai saudara dekat sampai pacarnya orang. Pembahasan sensitif tapi seksi, ya.

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi dambaan semua orang. Apalagi kalau melihat media sosial hari ini yang begitu banyak menyuguhkan kita dengan kriteria body goals. Tinggi, langsing, cantik, putih dan pinter goyang tik*tok? Eh.

Persoalan Citra Tubuh, Takut Tidak Menarik?

Sering kali pembahasan soal berat badan bukan semata-mata soal berat badan saja, melainkan lebih kepada adanya persoalan citra tubuh atau body image.  Tentang bagaimana cara pandang kita terhadap tubuh kita sendiri. Kita terutama kaum perempuan (walaupun laki-laki saya yakin juga mengalaminya) yang terlalu khawatir dengan bentuk tubuh sendiri. Pada bentuk dan ukuran tubuh tertentu, seperti berat badan dan tinggi badan.

Terlebih di zaman serba digital, tidak bisa kita hindari bahwa tuntutan citra tubuh yang dianggap proporsional makin menjadi-jadi. Kita seperti dibombardir dengan unggahan mereka yang dianggap "sempurna".  

Tuntutan yang juga banyak didorong takut tidak menarik, yang kemudian membentuk standar kepopuleran tubuh sesuai dengan mereka yang dianggap sempurna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x