Lihat ke Halaman Asli

10 Ide Ice Breaking Pemecah Suasana Kelas

Diperbarui: 12 Januari 2023   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

CLAPP, BOOM, SNATCH
Ini adalah ice breaking yang akan membantu siswa untuk berlatih focus. Cara bermainnya adalah dengan mencontohkan 3 gerakan yang harus diikuti oleh siswa. Gerakan pertama adalah, ketika guru berkata clap, maka iswa diminta untuk bertepuk tangan sekali, ketika guru berkata boom, maka siswa harus menepuk kedua paha, dan ketika guru berkata snatch A maka semua siswa berlomba untuk merebut huruf A dan selanjutnya. Siswa yang paling cepat dan berhasil mengambil huruf A, maka dialah yang keluar sebagai pemenang.
Ice  breaking ini selain melatih focus, juga bermanfaat untuk melatih kesigapan siswa. Jika ia berhasil focus, namun tidak sigap, maka ia akan ketinggalan dari rekannya. Jika ia sigap, namun tidak focus, maka bias jadi ia akan salah ambil kartu huruf.
Berikut Link Video contoh permainan yang di peragakan oleh siswa-siswi SMP ALAM MAHIRA

ANAK KESAYANGAN GURU

Game ini bermanfaat agar siswa menyadaribahwa dirinya sangat berharga. Game ini juga berguna untuk membangun keakraban antar guru dan siswa. Adapun untuk bermain, guru perlu mempersiapkan sebuah kardus , dan sebuah cermin.
Cermin dimasukkan ke dalam kardus, kemudian guru membuka kelas dengan mengatakan "Didalam  kardus ini, ibu sudah menyimpan wajah seorang murid yang sangat ibu sayangi, bagi siapa yang ingin melihat boleh maju ke depan satu persatu. Setiap murid bergantian membuka kardus dan melihat isi kardus, disanalah ia bias melihat wajah mereka didalam  cermin. Semuamurid akan tersenyum melihat muka mereka maing-masing. Akhir dari ice breaking ini adalah guru mengatakan bahwa betapa semua muridnya adalah orang-orang yang disayanginya sampai kapanpun. Bila murid masih kelas rendah (kelas 1,2atau 3) kegiatan diakhiri dengan berpelukan

A RAM SAM..SAM..
Ice breaking ini akan sangat asyik, karena disertai dengan music. Persiapan yang diperlukan guru adalah satu buah speaker, video a ram sam sam, dan tivi besar (boleh diganti dengan laptop ataupun infokus bagi kelas besar.
Cara bermainnya sangat gampang, cukup  dengan menirukan apa yang diperagakan oleh video, makin lama, maka gerakan akan semakin cepat.
Untuk siswa yang memiliki energy kinstetik yang banyak, maka ice breaking ini akan sangat dengan mudah memabangun rasa bahagia dan fokusnya kembali. Link Musik :

DEEP SEA
Ice breaking ini mirip dengan aram sam..sam.. guru cukup menyiapkan video deep sea. Serta menyiapkan speaker, infokus (bias diganti TV besar atau laptop). Guru dan murid secara kompak mengikuti gerakan yang ada divideo

JIKA...MAKA..
Permainana ini sanagt menarik dan cukup  mengundang tawa, bagaimana tidak? Akan banyak kalimat yang tidak nyambung nantinya. Cara bermainnya adalah bagi anggota kelas menjadi dua barisan, barisan 1 menuliskan kalimat yang diawali dengan JIKA. Sedangkan barisan kedua membuat kalimat yang diawali dengan kata MAKA. Setelah semuanya menulis, maka guru meminta pasukan jika membacakan kalimat yang ditulisnya, setelah itu disambung dengan barisan MAKA pun membaca kalimat yang dibuat sebagai balasan dari kalimat JIKA. Permainan MENGAPA KARENA. Cara bermiannya sama, barisan pertama menuliskan kalimat berawalan kata MENGAPA, sedangkan barisan kedua menulis kalimat berawalan kata KARENA. Setelah semuanya berhasil menuliskan kalimat, maka secra bergiliran, masing-masing murid membacakan
kalimat yang ditulis. Kalimat  yang nyambung satu dengan yang lain, maka mendapat poin satu, yang tidak nyambung mendapatkan poin Nol


SIAPAKAH AKU
Permainan siapakah aku ini berguna untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Permainannya diawali dengan masing-masing murid menulis diselembar kertas yang berisi ciri-ciri yang Nampak pada dirinya. Setelah semuanya menulis, guru akan mengumpulkan menjadi satu. Secara bergiiran, murid diminta mengambil satu kertas, kemudian mereka dimnita untuk membacakan kertas yang mereka punya dan secara bersama-sama menebak siapakah yang sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan.
SAMBUNG KATA
Permainana sambung kata, seperti berikut. Guru menyebutkan satu kata benda missal, IKAN, maka peserta kedua membuat kata yang berawalan hurup terakhir dari kata yang disebutkan oleh sang guru tadi. Jika guru menyebut kata IKAN, maka murid harus menyebutka kata benda yang berwalan N, Misal nanas, peserta ketiga menyambung dengan awalan S dst..


KEBAIKAN TEMAN

Ice breaking kali ini berjudul kebaikan teman. Cara bermainny adalah , siswa menuliskan namanya sendiri di selembar kertas kemudian dalam hitungan ketiga kertas berisi namanya tadi digeser ke rekan sebelahnya, rekan sebelahnya wajib menuliskan 1 kebaikan yang dilakukan oleh nama yang tertulis di kertas. Kemudian bergeser kembali dst. Diberikan waktu sekitar 10 detik untuk menuliskan. Permainan berhendti ketika kertas sudah kembali kepada pemiliknya
Game ini bermanfaat untuk mengasah jiwa persahabatan siswa, selain itu dengan seringnya mengingat kebaikan kawan diharapkan siswa menjadi lebih peduli dan saling menyanyangi antar teman dan tidak kalah penting lagi berkurang juga tindak bully di kelas dan sekolah kita. Manfaat untuk guru, guru menjadi tahu karakteristik dari masing-masing siswanya.

CEK  KONDISIKU
Permainan ini berguna untuk mengecek kondisi awal siswa kita sebelum mengajar. Cara yang digunakan adalah pertama minta agar siswa memejamkan matanya dan duduk bersila dengan nyaman, sampaikan pernyataan dan minta siswa acungkan tangan. Contoh  : Silahkan acungkan tangannya, siapa yang hari ini siap belajar IPA?". Catat nama siswa yang mengacungkan tangan, dan beri afirmasi betapa pentingnya pelajaran kita hari ini. Pertanyaan dapat dimodifikasi sesuai dengan apa yang ingin diketahui murid. Contoh pertanyaan lainnya : Sekarang, silahkan acungkan tangan, siapa yang hari ini merasa sedang senang dan bahagia!, Ayo siapa yang merasa nyaman dikelas angkat tangannya?

BERNYANYI NAIK DELMAN
Ice  breaking ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi siswa. Caranya adalah guru berdiri memberikan gerakan yang diiringi dengan lagu"Pada hari minggu ku turut ayah ke kota..". siswa mengikuti gerakan yang diperagakan oleh sang guru. Video gerakan bias dilihat di link berikut ini :
Game ini sangat menarik bagi siswa karena melibatkan tidak hanya mata namun juga anggota badan lainnya seperti tangan, dan meregangkan jari jemari. Selamat mencoba

MEMBACA BAHASA TUBUH
Permainan ini di mainkan oleh 3 kelompok atau lebih yang berisi 5 pemain masing-masing kelompok. Pemandu menyiapkan 5 kalimat. Pemain pertama dipanggil ke depan pemandu dan meyiapkan gerakan yang nantinya akan dipergakan ke pemain kedua, pemain kedua menirukan gerakan kepada pemain ketiga dan seterusnya. Ketika pemain keempat telah menirukan gerakan pemain ketiga, maka pemain kelima menuliskan ke sebuah kertas apakah kira-kira kalimat yang ingin disampaikan oleh pemain keempat tersebut. Selesai kalimat pertama, maka dilanjutkan dengan kalimat kedua hingga kelima. Akhir permainan, , Pemandu memeriksa kecocokan kalimat yang ditulis pemain kelima dengan kalimat yang ada di pemandu. Masing-masing kata bernilai 4 poin. Tim yang paling banyak mengumpulkan poin, merekalah yang keluar sebagai pemenang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline