Lihat ke Halaman Asli

Limantina Sihaloho

Pecinta Kehidupan

Berpikir, Berbicara, Menulis

Diperbarui: 21 Januari 2023   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Menulis dengan tangan adalah salah satu pekerjaan yang paling aku suka --- dok.pri)

Berpikir, Berbicara, Menulis...

 Aku melatih Paulina Sihaloho, anak Kelas I SMA, menulis dan berbicara. Beberapa bulan terakhir, sebelum berangkat sekolah. dia wajib bicara di depan kamera hand phone-nya. Kalau tidak ada hal penting, maka itu menu wajib tiap pagi. Kalau tertarik, silahkan berkunjung ke laman facebook-ku ya, dengan nama yang sama, Limantina Sihaloho, sebagian ada juga di laman facebook Paulina Sihaloho.

 Dua minggu terakhir ini, dia menulis di Kompasiana ini. Sudah sejak SMP dia berlatih menulis di buku catatan, pakai pena.

 Untuk tulisan di Kompasiana, aku memang membantu mengarahkannya bagaimana menulis. Tulisan awal dia bilang berat melakukannya, aku tak sangka karena setelah kulihat dia sudah tulis banyak kali di layar komputer. Aku bantu menggali apa lagi yang perlu dia ungkapkan dengan memberikan beberapa pertanyaan.

 Kurasa memang ya, kalau kita mau generasi muda kita tangguh luar dalam, tak ada pilihan lain kecuali para orang tua/wali menambah porsi peran serta mereka dalam proses pendidikan generasi muda. Kalau kita hanya bergantung pada sekolah saja, aku kurang yakin dengan fakta-fakta yang ada pada hari-hari ini.

 Konon, tidak sedikit murid yang merasa jenuh dan bosan berada di sekolah. Bosan dengan pelajaran, bosan dengan PR yang kalau di sekolah swasta seperti sekolah Paulina, PR itu ada banyak.

 Cobalah lihat bagaimana kemarin dia harus mempersiapkan sebuah tugas macam ini, anak SMA Kelas I kok tugasnya sudah seperti anak kuliah?

 Menjaga Kelestarian Hutan Gunung Simarjarunjung

 A. Latar Belakang Penelitian

 Saya sebagai penduduk desa Urung Panei yang tak jauh dari KAWASAN RAWAN BENCANA GERAKAN TANAH di Gunung Simarjarunjung prihatin setelah melihat tumpukan sampah tak jauh dari pelangkat yang berdiri di tepi jalan raya dekat warung di Pemandangan Indah. Pelangkat itu bertuliskan: ANDA MEMASUKI KAWASAN RAWAN BENCANA GERAKAN TANAH. KETERANGAN: 1. Apabila Terjadi Tanda-Tanda Longsor, Segera Hubungi Petinggi/Kepala Desa/Petugas Setempat. 2. Apabila Terjadi Keadaan Darurat, Maka Masyarakat Segera Menuju Ke Lokasi Aman/Titik Kumpul.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline