Lihat ke Halaman Asli

Leni Cahya Pertiwi

Guru, Penulis Buku Happy Mama

Resep Praktis Jagung Manis Tanpa Ribet ala Mak Kepo

Diperbarui: 22 Juni 2022   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar : Puding Jagung (dokpri)

Di rumah sedang banjir jagung manis, sisa panen di kebun yang tidak diborong pengepul karena ukurannya kecil. Saya mencoba mengolahnya menjadi berbagai macam penganan.

Biasanya saya membuat bakwan atau perkedel jagung. Namun kali ini berhubung minyak goreng harganya tak mau turun, demikian juga dengan berat badan saya (hehehe), maka saya memutuskan mengolahnya dengan meminimalkan penggunaan minyak goreng.

Sedikit kepo saya mencoba mengintip kandungan nutrisi dan manfaat dari mengonsumsi si manis ini. Dilansir dari alodokter.com, jagung ternyata termasuk tanaman pangan yang kaya nutrisi. Selain karbohidrat, jagung juga mengandung protein, serat, berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Kandungan nutrisinya yang tinggi memberikan beragam manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Jagung dipercaya mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi (sembelit). Jika anda termasuk yang memiliki kadar gula tinggi, anda tidak perlu ragu mengonsumsi jagung karena tidak akan memicu kadar gula darah.

Selain manfaat di atas, kandungan vitamin E dan fitosterol dalam jagung dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Mengatasi depresi, menjaga kesehatan mata, dan mencegah penyakit divertikulitis (radang/infeksi pada usus) merupakan manfaat lain dari jagung.

Sebelum saya makin kepo dengan si manis berbiji krem kekuningan ini, baiknya kita kembali ke judul artikel. Saya ingin berbagi resep makanan yang bahan utamanya adalah jagung, gampang dibuat dan rasanya lumayan enak. Langsung saja lihat resepnya di bawah ini ya.

Sambal Jagung

Bahan :

2 buah jagung manis ukuran sedang

1 butir telur (kocok)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline