Lihat ke Halaman Asli

Lapas Namlea

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Namlea

Benahi Ruang Penggeledahan, Lapas Namlea Optimalkan Pelayanan Publik

Diperbarui: 25 Agustus 2022   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Humas Lapas Namlea

Namlea, INFO_PAS -- Berbagai pembenahan terus dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam pemenuhan sarana dan prasarana layanan publik. Setelah sebelumnya area portir dipercantik dengan pojok prestasi, kini Lapas Namlea kembali berbenah dengan mengoptimalkan ruang penggeledahan, Kamis (25/8).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas (Kalapas) Namlea, Tersih Victor Noya saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan pembenahan ruang penggeledahan merupakan salah satu inisiatifnya sehubungan dengan sudah diterapkannya layanan kunjungan secara tatap muka. Intensnya lalu lintas pada area portir tidak hanya melibatkan petugas tetapi juga pengunjung, keluarga warga binaan, dan juga tamu menjadi salah satu alasan utamanya membenahi ruangan yang terdiri dari dua bilik ini.

"Sudah kewajiban kita untuk melayani masyarakat dengan prima. Oleh karena itu bukan hanya cara melayani yang kita benahi tapi juga prasarananya agar semakin memberikan kepuasan kepada masyarakat saat mengunjungi Lapas Namlea. Terlebih setelah dua tahun layanan kunjungan vakum karena pandemi COVID-19, kini telah dibuka kembali secara offline atau lewat tatap muka langsung," singkat Tersih.

Ia juga mengatakan selain sebagai peningkatan kualitas layanan publik, ruang penggeledahan merupakan prasarana yang harus tersedia di seluruh Lapas sesuai dengan standar keamanan dan ketertiban.

"Kita tidak akan membiarkan begitu saja setiap orang masuk dengan leluasa. Sesuai standar operasional prosedur yang berlaku, kita wajib melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap siapapun tanpa terkecuali. Tubuh sampai dengan barang bawaan kita periksa  semuanya di ruang penggeledahan sebagai bentuk deteksi dini untuk mencegah barang-barang seperti handphone, narkoba, obat-obatan terlarang, serta barang-barang berbahaya lainnya yang beresiko menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban," katanya lagi.

Tersih berharap melalui pembenahan ini, sarana prasarana dan aspek lainnya sebagai penunjang layanan publik dapat merubah 'wajah' Lapas Namlea yang semakin PASTI dalam meningkatkan kualitas layanan pemasyarakatan  bukan hanya dirasakan jajarannya tapi juga bagi masyarakat. (LPN)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline