Lihat ke Halaman Asli

Air untuk Tubuhmu

Diperbarui: 17 November 2017   14:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Air merupakan sumber kehidupan yang penting bagi seluruh makhluk hidup.Kebutuhan akan air memang tidak dapat dipungkiri lagi, karena dalam air terdapat banyak manfaat yang sangat banyak apalagi bagi manusia. Biasanya manusia meminum air ketikahaus saja, padahal meminum air baik bagi tubuh. Sehingga, sangat disayangkan ketika kita tidak memanfaatkan fungsi air sebaik-baiknya. Air merupakan zat yang sangat dibutuhkanoleh tubuh manusia karena setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan air untuk hidup sehat, keseimbangan metabolisme pada tubuh pun sangat tergantung pada asupan cairan kedalam tubuh bila jumlah cairan yang masuk tidak seimbang dengan pengeluaran maka tubuhakan mengalami gangguan atau dehidrasi. 

Selain itu, manfaat lain dari air dalam tubuh adalahpengatur suhu tubuh, pelarut, pelumas, bantalan, media transportasi, pencegahan penyakitobesitas, dan sebagai media eliminasi toksin untuk sisa metabolisme. Ketika manusia jarangmengonsumsi air atau tidak mengonsumsi sesuai apa yang disarakan maka, dapatmenurunkan fungsi kognitif dan motorik, menurunkan kemampuan dalam aktifitas fisik,gangguan pada saluran pencernaan, fungsi jantung, diabetes, batu ginjal. 

Cara sederhana untuk menentukan atau mengetahui apakah asupan air sudah cukup atau belum dapat dilihatwarna air seni kita. Jika warna air seni tidak berwarna atau kuning muda maka artinya tubuh telah cukup akan air. Sedangkan, jika berwarna kuning tua atau pekat maka tandanya tubuhkekurangan air.

Jumlah kandungan air di tubuh orang dewasa adalahsebanyak 70% dan lansia 50%, namun air tetap merupakan unsur terbanyak di dalam tubuhmanusia. Air tersebar di seluruh tubuh manusia antara lain paru-paru 90%, darah 82%, kulit80% otot 75%, otak 70%, dan tulang 22% ( h4hinitiative.com).

Saat ini pentingnya air untuk tubuh belum banyak diketahui manfaatnya. Orang-orang banyak yang mengabaikan kepentingan meminum air sebanyak 8 gelas setiap hari atau setara dengan 2 liter air dan bahkan masih ada yang enggan meminum air putih/mineral karena tidak ada rasa atau tawar. Manfaat meminum air sebanyak 8 gelas setiap hari adalah dapat membuat tubuh lebih berenergi, mengatur suhu tubuh,melembabkan jaringan seperti mata, hidung, dan telinga, meringankan beban hati danginjal, membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, dan mampu memberikankesegaran ketika mengalami dehidrasi. 

Khalayak juga masih terpaku denganminuman yang lain karena di anggap masih sama-sama terbuat dengan air. Padahalwalaupun sama-sama minuman (air), tentu saja kandungan yang terdapat di dalamminuman tersebut berbeda-beda, disini minuman yang kami maksud seperti kopi danteh.Di dalam kandungan kopi memang memiliki banyak manfaat yang baik untuktubuh kita. Menurut salah satu Ahli bedah dari RS Hasan Sadikin, Bandung Dr.Hendro Sudjono Yuwono MD, Ph.D, beliau mengatakan "Kopi ternyata sangat efektifdan aman untuk mengatasi berbagai jenis luka! Dari luka besut lantaran terjatuh, lukatergores benda tajam, luka bakar, sampai luka "koreng" yang sudah terinfeksi.

Hebatnya lagi, semua usia dapat menggunakannya, termasuk anak-anak." Jadi mulaisekarang, cobalah memanfaatkan kopi untuk mengobati masalah luka. Kafein yangterkandung dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapatmembantu tubuh dalam membakar kalori. Namun pengonsumsian kopi dalam jumlahyang berlebihan tentu saja juga akan berdampak ke kesehatan tubuh kita, seperti misalnya, meningkatkan produksi asam lambung, menyebabkan hipertensi, dan jugakopi menyebabkan Insomia (www.tribunnews.com).

Teh juga memiliki berbagai macam manfaat karena teh juga memiliki jenis-jenis nya seperti jasmine tea, dan green tea. Kelompok akan membahas manfaat dariteh secara umum yaitu teh untuk melarutkan lemak, menurunkan berat badan,mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Pengonsumsian teh secara berlebihanjuga berdampak bagi kesehatan tubuh yaitu terkena resiko anemia, osteoporosis,diare, serta resiko batu ginjal (halosehat.com).

Memang tidak ada salahnya jika kita mengonsumsi teh dan kopi. Namunpengonsumsian secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Tak sepertisoda, teh manis, dan minuman berwarna lain, air putih tidak mengandung lemak, gula,dan karbohidrat. Kandungan ini yang menyebabkan seseorang tak menyadari sudahmenumpuk gula, lemak, dan karbohidrat dari minuman yang diminum. 

Berikut adalahmanfaat dari air putih/mineral:1. Ampuh Turunkan Berat BadanAir putih ternyata berkhasiat menurunkan berar badan jika diminum 6-7 gelas sehari.Caranya, minum air sebelum makan akan mengurangi keinginan nafsu makanberlebih.

2. Bikin Pintar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline