Pembelajaran berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi dalam bahasa Inggris (differentiated instruction) adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua murid dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk mendapatkan konten, mengolah, membangun, atau menalar gagasan, dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua murid di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing murid.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid (Tomlinson 2000)
Pada proses pembelajaran berdiferensiasi lebih menekankan pada kebutuhan individu karena kita ketahui bersama bahwa setiap anak itu unik, mereka punya ciri khas masing-masing dan terlahir dengan kodrat alam dan zamannya.
Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan di dalam kelas
Membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi
Melakukan pemetaan terhadap kebutuhan belajar murid terkait dengan kesiapan belajar, minat, dan proses belajar murid
Menerapkan 3 strategi diferensiasi yaitu konten, proses, dan produk
Mengimplementasikan rencana pembelajaran berdiferensiasi baik secara luring atau daring
bersikap kreatif dan inovatif serta berani mengambil resiko dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi