Lihat ke Halaman Asli

Acek Rudy

TERVERIFIKASI

Palu Gada

R.S. Apung Doctorshare Karam, Ini Kisah Inspiratif dr. Lie Dharmawan

Diperbarui: 20 Juni 2021   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumah Sakit Apung Doctorshare Karam, Ini Kisah Inspiratif dr. Lie Dharmawan (toptime.co.id)

Pernahkah kamu mendengar tentang Rumah Sakit Apung? Itu adalah rumah sakit kapal yang berlayar melayani pasien yang jauh dari jangkauan.

Sayangnya, sebelum kamu sempat melihatnya, kapal itu telah tiada. Ia mengalami musibah di sekitar perairan Selat Sape, NTB, Rabu 16.06 lalu.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi mengenai penyebab karamnya kapal tersebut. Namun, diberitakan jika semua awak termasuk kapten kapal selamat dari musibah.

Rumah Sakit Apung adalah milik Yayasan Dokter Peduli (Doctor Share). Pengagasnya adalah dr. Lie Agustinus Dharmawan, atau kerap dipanggil dengan dr. Lie.

Sejarah Doctor Share dan Rumah Sakit Apung

ekonomi.kompas.com


Dikutip dari kompas.com, Rumah Sakit Apung telah berdiri sejak 2009. Pada tahun 2019, pada saat Doctor Share genap berusia 10 tahun, telah dilakukan 3.291 operasi mayor, 5.538 operasi minor, 2.464 perawatan gigi, 58.859 pelayanan rawat jalan, 2.227 USG pemeriksaan kandungan, dan konsultasi kesehatan bagi 11.856 warga terpencil.

Lebih kerennya lagi, semua layanan kesehatan di atas kapal yang dijuluki "Bahenol" oleh dr. Lie ini adalah gratis alias tidak berbayar.

Kisah unik nan humanis mendasari berdirinya Rumah Sakit Apung ini. Saat itu dr. Lie bertemu dengan pasiennya, seorang ibu dan anak perempuannya yang berusia 9 tahun.

Saat itu, sang ibu yang berasal dari pulau terpencil harus menempuh perjalanan laut selama 3 hari 2 malam, hanya untuk mendapatkan perawatan kesehatan.

Dr. Lie tak sanggup melihat penderitaan yang harus dilalui oleh sang ibu dan anaknya. Atas dasar itulah, Rumah Sakit Apung kemudian didirikan.

Kisah dr. Lie Dharmawan

blog.kitabisa.com


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline