Kepala Perpustakaan Ulil Albab Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul, Kholif Diniawati, menjadi narasumber dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepala perpustakaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Kamis (8/5/25). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom ini diikuti 40 peserta kepala perpustakaan perwakilan dari SD,SMP,SMA/SMK/MA seluruh Indonesia. Peserta Diklat Kepala Perpustakaan Perwakilan dari SD, SMP, SMA/SMK/MA se Indonesia
Peserta Diklat Kepala Perpustakaan Perwakilan dari SD, SMP, SMA/SMK/MA se Indonesia Peserta Diklat Kepala Perpustakaan Perwakilan dari SD, SMP, SMA/SMK/MA se Indonesia
Salah satu poin utama yang disampaikan adalah tentang keberhasilan Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul dalam meraih predikat Juara 1 Perpustakaan Terbaik tingkat SMA/SMK/MA se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tahun 2024. Selain itu, beliau juga membagikan strategi dan inovasi yang mengantarkan perpustakaan ini meraih Juara III Perpustakaan Terbaik tingkat SMA/SMK/MA tingkat nasional tahun 2024.
Peserta diklat tampak antusias menyimak pemaparan yang disampaikan, terbukti banyaknya peserta yang aktif bertanya pada sesi tanya jawab tersebut. Kepala Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul berbagi pengalaman praktis, tantangan yang dihadapi, serta solusi dan strategi yang diterapkan dalam mengembangkan perpustakaan madrasah menjadi pusat sumber belajar yang unggul dan berdaya saing.
Keberhasilan Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul dalam meraih prestasi di tingkat regional dan nasional menjadi inspirasi bagi peserta Diklat. Diharapkan, materi yang disampaikan dapat memberikan wawasan baru dan motivasi bagi peserta diklat untuk mengembangkan perpustakaan di instansi masing-masing menjadi lebih baik dan berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan literasi dan kualitas pendidikan di Indonesia.
Partisipasi Kepala Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul sebagai narasumber dalam diklat nasional tersebut merupakan pengakuan atas dedikasi dan inovasi yang telah dilakukan dalam memajukan perpustakaan di lingkungan madrasah. Hal ini juga menunjukkan bahwa perpustakaan di tingkat sekolah/madrasah memiliki potensi besar untuk menjadi yang terbaik dan memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan. "Perjuangan yang didasari dengan rasa senang dan ikhlas dalam melaksanakan amanah, adalah kunci utama dalam mengembangkan perpustakaan dan meraih prestasi yang terbaik," pungkas Kholif.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI