Lihat ke Halaman Asli

Khansa Haura

Pendidikan Tata Busana

Cara Meningkatkan Mood Belajar Secara Daring

Diperbarui: 4 Agustus 2021   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran secara daring merupakan kebijakan yang diterapkan pemerintah kepada dunia pendidikan guna memutus tali penyebaran virus corona. Kegiatan pembelajaran secara daring ini telah berlangsung selama kurang lebih 16 bulan terhitung sejak Maret 2020. Kegiatan belajar mengajar jarak jauh ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan internet tanpa adanya tatap muka secara langsung. Hal tersebut tentu akan mengubah pola dan kebiasaan belajar para siswa.

Kebijakan pemeritah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring merupakan keputusan yang paling tepat saat ini untuk menghindari adanya kerumunan. Walaupun terdapat berbagai kelebihan yang dapat dirasakan, seperti lebih praktis dan fleksibel, namun ada pula hambatan yang harus di hadapi. Guru dan dosen dituntut harus melek internet dan menyajikan pembelajaran yang interaktif agar para siswa dapat tertarik mengikuti kelas dan tidak bosan.

Selain guru, siswa pun memiliki hambatan yang harus dihadapi seperti kurangnya fasilitas yang memadai, adanya kendala teknis seperti koneksi internet, bahkan gangguan distraksi dari orang yang berada dirumah.  Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran, meningkatkan mood dan membuatnya lebih terorganisir serta menyenangkan.


Kondisikan suasana belajar seperti disekolah

Meskipun pembelajaran dilakukan di rumah namun kondisikan suasana belajarnya seperti disekolah atau kampus. Usahakan untuk tetap bangun pagi, sudah mandi dan mengenakan pakaian yang rapih dan bersih agar lebih fresh saat belajar. Pilih tempat yang nyaman untuk belajar dengan kondisi ruangan yang tenang dan jaringan internet yang baik dan stabil agar kegiatan belajar tidak terdistraksi. Pilih ruangan dengan cahaya dan koneksi internet yang memadai.

Buat rencana belajar

Buatlah rencana belajar atau to do list harian agar tidak bingung apa dahulu yang harus dikerjakan atau ada jadwal penting apa pada hari itu. Kedengarannya mungkin sepele, namun hal tersebut dapat menjadi penentu kenyamanan belajar dan bisa lebih produktif. Meskipun tidak semua jadwal berjalan sesuai dengan yang telah ditulis namun setidaknya telah memiliki rencana jadi jika tidak terlaksana hari itu bisa dilakukan besok. Buat rencana belajar untuk beberapa hari, misal seminggu sekali atau 3 hari sekali.

Konsentrasi, serius dan fokus dalam menyimak materi yang disampaikan

Siswa sering tidak fokus ketika melakukan pembelajaran secara daring, karena terdapat banyak sekali gangguan saat proses pembelajaran berlangsung. Konsentrasi dan simak dengan baik setiap materi yang disampaikan oleh guru ataupun dosen karena jika tidak maka akan tertinggal. Jangan tergoda untuk membuka sosial media, gunakan media sosial saat pelajaran telah berakhir.

Catat poin materi yang penting

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline