Lihat ke Halaman Asli

Khairul fahmi zein

(1900030325) alhamdulillah, mahasiswa ilmukomunikasi universitas ahmad dahlan

Pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Modern

Diperbarui: 11 Juli 2021   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Alhamdulillah puji Tuhan Yang Maha Kuasa, yang memeberikan saya Kesehatan jiwa dan raga sehingga  saya dapat menyelesaikan tulisan ini dengan baik, dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat buat kita semua.

Teknologi merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan saat ini, sebagai sumber informasi terkait berita nasional maupun internasional dapat kita jangkau dengan mudah dengan adanya teknologi. Semakin berkembangnya zaman maka semakin Berkembang pula teknologi di era ini tentunya ada yang dapat menggunakan teknologi tersebut dengan bijak dan ada juga dari beberapa pengguna lainnya yang kurang bijak dalam menggunakan teknologi tersebut dan tidak dapat kita pungkiri bahwa tentu saja teknologi juga pasti  memiliki dampak ada dua dampak yang dapat kita lihat , yaitu dampak positif dan dampak negative, banyaknya pengguna sosial media saat ini memperlihatkan bahwa manusia tidak bisa melakukan kesehariannya tanpa sosial media, dan tanpa sosial media mereka merasa hampa. Apakah kejadian tersebut hanya terjadi kepada orang dewasa saja? Tentu jawabannya adalah tidak, terkadang hal tersebut juga bisa membuat kalangan remaja bahkan anak anak mengalami dampak buruknya, baiklah mari kita bahas dua dampak tersebut.

Dampak Positif

Dampak positif dari teknologi tersebut dapat kita rasakan yaitu dapat menghubungkan seseorang  dari Sabang hingga Merauke, baik dalam maupun luar negeri. Kita juga dapat mengakses informasi dengan cepat yang saat ini baik berita dalam negeri hingga yang terjadi di belahan bumi lainnya. 

Munculnya sosial media dimana kita dapat terhubung oleh seseorang baik teman hingga keluarga, Adapun Sebagian orang yang menggunakan sosial media sebagai sarana untuk mencari pundi pundi rupiah yang dapat di akses di berbagaimacam platform khusus. Di dalam teknologi ini kita dapat Kemudahan dalam mengakses file salah satunya film, music, dll. 

Juga Dapat membantu kita di dalam dunia Pendidikan, dimana disaat stuasi  pandemic covid seperti ini tidak memungkinkan para peserta didik untuk mengikuti kegitan belajar dan mengajar di sekolah mereka sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan yang kita sebut dengan DARING yaitu "dalam jaringan" sehingga anak anak dapat mengakses pembelajran mereka di internet maupun dari aplikasi yang telah ditentukan. 

Dapat membantu mempercepat pekerjaan sesorang, memepermudah proses transaksi , sebelum mengenal dunia teknologi jika ingin melakukan transaksi para nasabah harus mendatangi bank untuk melakukan transaksi namun saat ini kita dapat melakukan kegitan transaksi tersebut dengan menggunakan ATM, e-Banking, SMS Banking yang dapat kita akses di berbagai macam platform khusus, teknologi kini juga memberikan berbagai macam aplikasi yang dapat kita akses untuk menghilangkan rasa jenuh sesaat

Dampak Negative

Dapat kita lihat bahwa adanya nilai positif yang diberikan oleh teknologi itu sendiri, sehinnga tidak dapat kita pungkiri tentu saja teknologi tersebut memiliki dampak negativenya yaitu kemudahan yang diberikan oleh teknologi itu sendiri kerap sekali disalah gunakan oleh beberapa individu salah satunya yaitu mereka hanya mengcopy saja dari google tanpa adanya usaha untuk mencari dari sumber sumber lainnya. 

Kemudian berkurangnya minat antar individu untuk bertemu secara langsung karena kebanyakan dari pengguna media sosial tersebut lebih merasa nyaman dengan dunia virtual sehingga tidak sedikit dari mereka yang terjebak dalam hubungan virtual. Kemudian, di dalam sosial media adanya kejadian yaitu menurunnya Kesehatan mental oleh beberapa orang dikarenakan maraknya para netizen mengkritik tanpa memberi solusi, memberikan komentar tanpa mempertimbangkan Kesehatan mental seseorang. 

Menggunakan media sosial untuk menyebarkan berita yang tidak benar dikalangan masyarakat dan tidak sedikit pula masyarakat yang menelan mentah mentah berita tersebut. Kini dapat kita ketahui adanya penyakit yang berasal dari sosial media itu sendiri yaitu dapat kita kenal dengan istilah FOMO yang berarti gangguan psikologis yang muncul akibat medsos yang dimana seseorang tidak dapat melakukan aktifitasnya tanpa medsos, hal ini bisa saja terjadi dikalangan orang dewasa maupun remaja dan bahkan anak anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline