Lihat ke Halaman Asli

Kabar Sumut

Kabar Sumatera Utara

Sisi Lain Edy Rahmayadi, Sosok Ayah Bagi Difabel

Diperbarui: 27 Januari 2022   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tak banyak yang tahu, bahwa dibalik sikapnya yang tegas karena memiliki latar belakang sebagai prajurit TNI Angkatan Darat, sosok Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, ternyata memiliki kepedulian dan kasih sayang yang tinggi kepada anak-anak penyandang disabilitas. 

Coba perhatikan beberapa momen keseharian selama ini di media sosial pribadinya, pasti akan kita temukan beberapa dokumentasi kedekatan beliau dengan para penyandang disabilitas. Teranyar, Edy Rahmayadi tampak sedang meresmikan kantor Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Sumatera Utara di Jl. Sampul, Medan yang baru saja direnovasi berkat bantuan dari pemerintah provinsi Sumatera Utara, sebagaimana janji beliau setahun yang lalu saat mengunjungi Pertuni Sumut.

"Tak terasa, setahun yang lalu saya pernah datang ke kantor Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Sumatera Utara dengan kondisi yang cukup memprihatinkan. Terlebih di kantor ini, banyak saudara-saudara kita para penyintas tuna netra yang tinggal disini. Jadi pada saat itu, saya berkomitmen untuk membantu renovasi kantor ini agar lebih layak," tulisnya di akun Instagram @edy_rahmayadi pada Rabu (26/1/2022).

"Alhamdulillah, bertepatan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun Pertuni ke-56 Tahun 2022 ini, janji saya setahun yang lalu akhirnya telah ditunaikan hari ini, kantor Pertuni Sumut yang baru saya resmikan hari ini kondisinya sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya," tambahnya dalam postingan yang sama.

Kepedulian Edy Rahmayadi kepada para penyandang disabilitas bukan kali ini saja terjadi, jauh sebelum itu, momen-momen kedekatan beliau dengan mereka sudah sangat sering kita temui. Misalnya saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar di Rumah Dinas beliau pada Senin (13/12/2021) lalu. 

Dalam kegiatan yang bertepatan dengan pemberian tali asih bagi para atlet disabilitas peraih medali di Pekan Paralimpiade Nasional 2021, beliau tampak menangis saat mendoakan para atlet tersebut layaknya mendoakan anak sendiri.

"Saya selalu berdoa kepada Tuhan berikan kekuatan kepada kita semua. Demi Allah, saya selalu berdoa setiap pagi, lindungi rakyat Sumatera Utara ini. Setiap pagi saya berdoa," tuturnya penuh haru saat itu.

Sebelum itu juga, pada bulan Ramadan 1440 H tepatnya Senin (20/5/2019) lalu, Edy Rahmayadi juga pernah mengundang para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Medan ke Rumah Dinasnya. Mereka semua disambut layaknya keluarga, berbuka puasa bersama satu meja sembari berbagi cerita bersama. Saking seringnya beliau mengundang mereka ke Rumah Dinas, sampai-sampai Rumah Dinas Gubsu sudah seperti rumah bagi para penyandang disabilitas.

Begitupun saat beliau melakukan kunjungan kerja di lapangan, sudah berapa banyak anak-anak penyandang disabilitas yang beliau jenguk dan datangi. 

Sempat viral dulu, beliau membantu pengobatan anak kembar siam Adam dan Malik sampai operasinya berhasil, kemudian menjenguk anak penderita penyakit kulit langka, mengundang anak down syndrome buka puasa di rumahnya di Medan Johor, dan baru-baru ini saat beliau berkunjung ke Kabupaten Toba, Edy Rahmayadi juga menyempatkan diri bercengkarama dengan anak-anak penderita disabilitas disana dengan penuh kasih sayang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline