Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Latsar CPNS 2022: Membentuk Karakter Seorang PNS

Diperbarui: 3 Oktober 2022   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penutupan kegiatan Latsar CPNS 2022 (Dokpri)

Mengikuti Pelatihan Dasar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)  2022 merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang CPNS agar menjadi seratus persen PNS. Oleh sebab itu, semua CPNS yang ada di Indonesia pastinya mengikuti syarat dan aturan tersebut dengan baik.

Jika tidak mengikuti dengan baik, maka sanksinya adalah tidak dapat diangkat menjadi PNS secara utuh.

Kebetulan saya bersama teman-teman tergabung dalam kelompok 3 angkatan 51 Latsar CPNS tahun 2022 mengikuti seluruh agenda kegiatan yang dijadwalkan oleh panitia Latsar.

Dalam kegiatan itu, semua peserta dilatih untuk menerapkan core values atau nilai-nilai dasar BerAkhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif) dalam pekerjaan demi melayani masyarakat dengan baik.

Dalam proses pembelajaran, Coach atau pelatih para peserta mengajak setiap peserta untuk lebih aktif dalam berdiskusi di dalam ruangan demi menghasilkan pemikiran-pemikiran cemerlang dari seorang CPNS dan juga melatih peserta dalam berbicara sekaligus memahami tugas dan tanggungjawab sebagai seorang PNS nantinya.

Hasil kegiatan merancang poster (Dokpri)

Terlihat jelas, bahwa apa yang kami lakukan begitu interaktif dan menarik. Para peserta menerima pembelajaran dengan baik dan mampu menyampaikan hal-hal yang masih menjadi kendala didalam kantor dan juga hal-hal apa saja yang akan dilakukan setelah mengikuti Latsar CPNS tahun 2022 ini.

Pembelajaran dan latihan seperti itu mampu membentuk karakter seorang CPNS agar menjadi PNS yang berintegritas dan profesional sebagaimana keinginan dari seluruh masyarakat Indonesia.

Dokpri 

Seorang PNS harus mampu memenuhi semua aspek nilai dalam core values BerAkhlak sehingga mencerminkan PNS yang berintegritas dan profesional di masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline