Lihat ke Halaman Asli

Erina lagi

Ling Shen Yao

Perbedaan Tumor Jinak dan Tumor Ganas Berikut Penyebabnya

Diperbarui: 28 Maret 2019   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

perbedaan tumor jinak dan tumor ganas. Sumber : https://lingshenyao.id/ 

Tumor adalah suatu benjolan yang ada pada tubuh dan itu tidak normal. Tegasnya tumor dibagi menjadi 2 ada tumor jinak dan tumor ganas. Tumor merupakan terjadinya pertumbuhan sel sel tubuh yang abnormal. Dari masing masing sel akan menyusun ke tubuh manusia, mengandung gen yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan, perbaikan, atau perkembangan yang terjadi di dalam tubuh.

Akan ada saatnya sel itu mati dan membelah diri atau berubah menjadi bentuk tertentu. Sedangkan sel yang tidak mati akan tertumpuk dengan sel sel yang baru masuk, sehingga sel tersebut menjadi tumpukan yang dimana disebut dengan tumor.

Perbedaan tumor ganas dan tumor jinak

Tumor jinak adalah suatu benjolan yang dimana sel itu tumbuh dalam satu bagian tubuh, jadi tumor jinak ini tidak menyerang ke organ tubuh lainnya sedangkan. 

Tumor ganas pertumbuhannya yang tidak terkendali sehingga dapat menyerang ke jaringan di lain. Tumor ganas ini bisa juga disebut dengan kanker. 

Dan biasanya tumor ganas ini kemungkinan akan tumbuh lagi ketika diangkat beda hal dengan tumor jinak yang biasanya tidak akan tumbuh lagi setelah di angkat.

Penyebab Tumor

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan tumor itu mucul.

1. infeksi 

Infeksi virus  bakteri juga dapat memicu tumbuhnya tumor menjadi kanker. seperti infeksi hepatitis B dan C, HPV, sehingga helicobacter pylory yang dapat meningkatkan resiko kanker lambung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline