Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Merawat Kenangan Komunal dalam Transportasi Sejuta Umat

Diperbarui: 5 Oktober 2022   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kereta api /pexels.com/Elena

Kita semua sudah tidak asing lagi dengan moda transportasi pavorit sejuta umat ini. Alat transportasi massal yang pada bagiannya terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta atau gerbong yang dirangkaikan dengan kendaraan lainnya. 

Kala bepergian dengan kereta api, kita tidak hanya memindahkan barang atau badan kita dari satu tempat menuju tempat yang lain. Lebih dari itu, kita memindahkan dan merawat kenangan yang ada di dalam memori kita.

Karena, betapa selama kita duduk di dalam kereta, akan tercipta beribu suasana yang masuk ke dalam memori. Hal inilah yang menjadikan fungsi lain dari kereta api, yakni merawat sebuah kenangan.

Memang, secara kasat mata seperti juga moda transportasi yang lain, kereta api berfungsi sebagai alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut atau memindahkan barang atau orang dari satu tempat ke tempat tujuan.

Beragam benda dapat diangkut dengan moda transportasi berbentuk kotak memanjang bak ular besi ini, diantaranya barang-barang, hasil pertanian, dan tentu saja manusia, ya.

Kereta api seperti halnya kendaraan yang lain. Tentu saja memiliki keunikan pada ciri-ciri dan keistimewaannya. Hal ini tidak dapat kita temukan pada moda yang lain, hanya kereta api saja yang memiliki jalur lintas sendiri, yakni berupa rel.Didalam pengoperasiannya kereta api dikemudikan oleh seorang sopir yang biasa disebut masinis. Sebagai istilah khusus bagi orang yang mengendarai dan menjalankan moda transportasi ini.

Setidaknya, setiap kereta api akan memiliki satu kepala lokomotif yang bertanggungjawab memastikan kemanan dan kenyamanan penumpang. Selain itu, kereta api juga dilengkapi dengan stasiun untuk menurunkan dan menaikkan penumpang.

Saat kita sudah sampai di stasiun, dan harus segera turun dan mengemasi barang bawaan kita. Maka, akan ada segumpal kenangan yang akan ikut dan terbawa ke rumah kita.

Alasan masyarakat memilih kereta api

Ada beberapa alasan logis, mengapa masyarakat sangat menyukai bepergian dengan menggunakan moda transportasi yang satu ini.

1. Ketepatan waktu keberangkatan dan durasi perjalanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline