Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Merawat Kenangan Komunal dalam Transportasi Sejuta Umat

30 September 2022   10:54 Diperbarui: 5 Oktober 2022   11:10 266 30 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kereta api /pexels.com/Elena

Kita semua sudah tidak asing lagi dengan moda transportasi pavorit sejuta umat ini. Alat transportasi massal yang pada bagiannya terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta atau gerbong yang dirangkaikan dengan kendaraan lainnya. 

Kala bepergian dengan kereta api, kita tidak hanya memindahkan barang atau badan kita dari satu tempat menuju tempat yang lain. Lebih dari itu, kita memindahkan dan merawat kenangan yang ada di dalam memori kita.

Karena, betapa selama kita duduk di dalam kereta, akan tercipta beribu suasana yang masuk ke dalam memori. Hal inilah yang menjadikan fungsi lain dari kereta api, yakni merawat sebuah kenangan.

Memang, secara kasat mata seperti juga moda transportasi yang lain, kereta api berfungsi sebagai alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut atau memindahkan barang atau orang dari satu tempat ke tempat tujuan.

Baca juga: Do

Beragam benda dapat diangkut dengan moda transportasi berbentuk kotak memanjang bak ular besi ini, diantaranya barang-barang, hasil pertanian, dan tentu saja manusia, ya.

Kereta api seperti halnya kendaraan yang lain. Tentu saja memiliki keunikan pada ciri-ciri dan keistimewaannya. Hal ini tidak dapat kita temukan pada moda yang lain, hanya kereta api saja yang memiliki jalur lintas sendiri, yakni berupa rel.Didalam pengoperasiannya kereta api dikemudikan oleh seorang sopir yang biasa disebut masinis. Sebagai istilah khusus bagi orang yang mengendarai dan menjalankan moda transportasi ini.

Setidaknya, setiap kereta api akan memiliki satu kepala lokomotif yang bertanggungjawab memastikan kemanan dan kenyamanan penumpang. Selain itu, kereta api juga dilengkapi dengan stasiun untuk menurunkan dan menaikkan penumpang.

Saat kita sudah sampai di stasiun, dan harus segera turun dan mengemasi barang bawaan kita. Maka, akan ada segumpal kenangan yang akan ikut dan terbawa ke rumah kita.

Alasan masyarakat memilih kereta api

Ada beberapa alasan logis, mengapa masyarakat sangat menyukai bepergian dengan menggunakan moda transportasi yang satu ini.

1. Ketepatan waktu keberangkatan dan durasi perjalanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan