Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif sebagai Solusi Pembelajaran Daring

Diperbarui: 30 November 2021   06:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Gambar 1. Peserta Pengabdian Kepada Masyarakat/dokpri

Sejak terjadi pandemi Covid-19, sistem tatanan pembelajaran mengalami perubahan yang semula dilakukan dengan cara tatap muka, kemudian menjadi pembelajaran daring. Begitu juga dengan MA Al Falak, pembelajaran yang dilakukan sampai Bulan September 2021 kemarin adalah dengan cara daring. 

Dosen dan mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Pakuan pun turut berkontribusi dan memberikan solusi berupa media pembelajaran interaktif dalam mengajarkan materi limit kepada siswa/i MA Al Falak. Siswa/i tampak anstusias mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan.

Ada tiga tahapan pelaksanaan yang dilakukan pada saat pengabdian kepada Masyarakat di MA Al Falak, yaitu pertama, pemberian pretest, materi dan games kahoot. Yang kedua, membagi kelas menjadi dua kelompok untuk mendapatkan bimbingan intensif dari dua mahasiswa yang terlibat dalam PKM ini. Yang ketiga, review materi dan pemberian posttest.

Gambar 2. Pemberian Materi Melalui Media Pembelajaran Interaktif/dokpri

Hasil dari pengabdian ini adalah terjadi peningkatan kompetensi siswa pada materi limit. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata pretest siswa yang semula 34.35 menjadi 78.70. Dengan kata lain, pemberian materi limit melalui media pembelajaran interaktif efektif untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran matematika siswa khususnya pada materi limit.

Gambar 3. Pemenang Quiz Melalui Games Kahoot/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline