Lihat ke Halaman Asli

Menulis itu Menyenangkan

Diperbarui: 20 September 2020   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menulis adalah menuliskan apa yang ingin kamu tulis~Iqbal Maulana~

Menulis, apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kata menulis?. Sebagian orang beranggapan menulis adalah menyalurkan hobi, menuangkan ide, pemikiran, opini, dan hal lainnya yang didapatkan dari hasil membaca, observasi, maupun pengalaman hidup.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) menulis sendiri berasal dari kata tulis yang bermakna membuat huruf/angka dengan pena. Sedangkan menurut para ahli, adalah sebagai berikut:

1. Heaton

Menurut Heaton, menulis adalah salah satu keterampilan yang sukar dan kompleks yang dikerjakan untuk menuangkan berbagai macam gagasan maupun ide ke dalam bentuk tulisan.

2. St. Y. Slamet

Menurut St. Y. Slamet, menulis merupakan sebuah aktivitas yang membutuhkan kemampuan yang bersifat cukup kompleks.

3. Burhan Nurgianto

Menurut Burhan Nurgianto, menulis adalah aktivitas aktif yang produktif dalam menghasilkan berbagai macam tulisan dengan menggunakan bahasa tertentu.

Berdasarkan beberapa pengertian menulis menurut para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, menulis adalah menuangkan pemikiran, ide, gagasan, dan penemuan ke dalam bentuk tulisan dengan bahasa tertentu dan dengan didasarkan kepada sumber-sumber yang relevan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline