Lihat ke Halaman Asli

Syaiful W. HARAHAP

TERVERIFIKASI

Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

AIDS di Purbalingga, Tidak Ada Kaitan Letak Geografis dan Risiko Tertular HIV

Diperbarui: 7 Juli 2018   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: healthsetu.com)

Camat Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), Titis Panjer Rahino, mengaku prihatin dengan makin meningkatnya kasus HIV/AIDS di wilayahnya. ''Saya prihatin karena wilayah Kecamatan Karangmoncol yang notabene ndeso kok terkena imbas HIV-AIDS yang biasanya terjadi di kota-kota besar,'' ujarnya (KPAD Purbalingga akan Bentuk Tiga Kampung Peduli AIDS (republika.co.id, 2/7-2018).

Sampai Juni 2018 jumlah kasus kumulatif HIV/ADIS di Kabupaten Purbalingga, Jateng, mencapai 277 yang terdiri atas 224 HIV dan 58 AIDS dengan 32 kematian. Sedagnkan di Kecamatan Karangmoncol tercatat 15 kasus terdiri atas 9 HIV dan 6 AIDS dengan 5 kematian.

Pernyataan Camat ini menunjukkan pemahanan yang sangat rendah terkait dengan epidemi HIV/AIDS.

Pertama, penularan HIV tidak terjadi berdasarkan letak geografis, tapi karena perilaku seksual orang  per orang baik warga dusun, kampung, desa, kelurahan, perkotaan, kota besar atau metropolitan.

Kedua, kasus HIV/AIDS banyak terdata di kota-kota besar karena fasilitas untuk tes HIV ada di kota-kota besar. Bahkan, di awal epidemi tes HIV hanya ada di Jakarta yang kemudian menyusul di ibu kota provinsi. Maka, warga dusun, kampung, desa dan kelurahan pun menjalani tes HIV di kota besar. Sebagian 'nyangkut' di shelter yang menyediakan layanan untuk pengidap HIV/AIDS sehingga mereka tercatat di kota besar bukan di tempat asalnya yang bisa saja di dusun, desa, kampung atau kelurahan di daerah.

Ketiga, layanan dampingan dan dukungan bagi pengidap HIV/AIDS hanya ada di kota-kota besar, bahkan di awal epidemi hanya ada di Jakarta. Tempat layanan ini disebut shelter yang menyediakan tenaga medis dan pendamping, dikenal sebagai buddies. Pengidap HIV/AIDS yang berasal dari dusun, kampung, desa dan kelurahan dari banyak daerah pun memilih tinggal di shelter daripada pulang kampung.

Dikatakan oleh Sekretrais Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Purbalingga, Heni Ruslanto: ''Untuk mencegah semakin banyaknya temuan kasus HIV/AIDS inilah, pemahaman masyarakat mengenai kasus HIV/AIDS perlu terus ditingkatkan,''

Yang jadi persoalan ada rentang waktu antara sosialisasi HIV/AIDS sampai dengan pemahman yang akurat sehingga pada rentang waktu tsb. bisa saja ada warga yang melakukan perilaku berisiko. Misalnya, melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan pekerja seks komersial (PSK).

Terkait dengan hal di atas, pertanyaan untuk Heni:

(a). Apakah di wilayah Kabupaten Pubalingga ada lokasi pelacuran yang melibatkan PSK langsung? PSK langsung adalah PSK yang kasat mata, al. yang mangkal di tempat-tempat pelacuran.

Kalau ada, apa langkah yang dilakukan Pemkab Purbalingga untuk menurunkan insiden infeksi HIV baru pada laki-laki yang melakukan hubungan seksual dengan PSK?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline