Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Cara Pandang terhadap Berfoya-foya yang Berubah

Diperbarui: 3 April 2023   06:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi, tapi ini uang palsu. (Kompas.com/irwan nugraha)

Berfoya-foya dalam kamus besar bahasa Indonesia dimaknai sebagai menghamburkan uang untuk bersenang-senang. Berfoya-foya bukanlah gaya hidup sederhana.

Setelah aku pikir, cara pandang terhadap berfoya-foya telah berubah. Cara pandang masa lalu dengan masa sekarang berubah. Setidaknya itulah yang aku rasakan.

Dahulu semasa aku kecil, guruku di sekolah melarang gaya hidup berfoya-foya. Sekalipun kaya tak boleh berfoya-foya, apalagi miskin.

Berfoya-foya adalah sesuatu yang tak boleh dilakukan. Tak ada celah untuk memandang foya-foya sebagai hal yang biasa atau positif. Intinya foya-foya itu buruk.

Setahuku memang sudah ada dari dahulu orang berfoya-foya. Setahuku, di masa lalu, ya tahun 80-an, foya-foya dilakukan tapi tetap tak memiliki pembenaran atau pelumrahan.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, mulai ada pelumrahan tentang foya-foya. Orang berfoya-foya dan dia punya alasan. Alasannya begini, "duit-duitku, mau aku buat foya-foya ya urusanku."

Maka, ketika ada alasan seperti itu, foya-foya bagi sebagian orang seperti dimaknai sebagai ruang privat yang tak boleh direcokin orang lain.

Semakin ke sini, foya-foya semakin terkesan boleh dilakukan. Alasannya begini, "boleh saja foya-foya, yang penting uangnya bukan dari uang maling."

Memang tidak semua orang membolehkan foya-foya. Masih ada yang menilai bahwa foya-foya adalah hal terlarang.

Tapi setidaknya ada pergeseran nilai. Jika dahulu foya-foya hanya dimaknai sebagai larangan, kini ada sebagian orang yang menilai foya-foya boleh dilakukan dengan catatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline