Lihat ke Halaman Asli

Julak Ikhlas

Peminat Sejarah dan Fiksi

Tidak Hanya Gibran, Ini Jajaran Kerabat Jokowi yang Nyalon pada Pilkada 2020

Diperbarui: 14 Januari 2020   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

DINASTI politik, itulah sindiran-sindiran sejumlah pengamat atau lawan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi), setelah ramai diberitakan bahwa putera sulungnya, Gibran Rakabuming Raka antusias mencalonkan diri pada Pemilihan Walikota (Pilwakot) Solo, pada Pilkada serentak 2020.

Sebagaimana diketahui, Gibran bakal mencalonkan diri menjadi orang nomor satu di Kota Batik ini setelah mendaftarkan diri ke Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa tengah, pada 12 Desember 2019 lalu.

Sejatinya, pengusaha kuliner sukses tersebut mendaftar di Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Solo. Cuma, para pengurus partai berlambang banteng gemuk moncong putih ini telah menutup rapat peluang Gubran dengan dalih bahwa mereka telah memiliki pasangan calon sendiri. 

Pasangan calon yang dimaksud oleh pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Solo tersebut adalah Ahmad Purnomo, yang sekarang masih menjabat Wakil Walikota Solo dan Teguh Prakosa, mantan Ketua DPRD Kota Solo dari Fraksi PDI Perjuangan.

Republika.co.id

Namun ternyata, kerabat Jokowi yang ikut terjun langsung pada kontestasi Pilkada serentak 2020 tersebut tidak hanya putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. 

Masih ada tiga kerabat lainnya yang mencoba peruntungannya dalam dunia politik. Mereka itu adalah :

1. Bobby Arif Nasution
Sebagaimana diketahui, Bobby adalah menantu Jokowi. Suami kahiyang Ayu ini mendaftarkan diri menjadi bakal calon (Balon) Wali Kota Medan, Sumatera Utara ke Partai Golongan Karya (Golkar). 

"Saya dan Golkar memiliki niat yang sama, mengembalikan kebanggaan Kota Medan. Partai Golkar keluarga saya, ini niat sama-sama untuk membenahi sudut pandang kita terhadap Medan," kata Bobby, Jumat,13 Desember 2019.

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Medan, HM Syaf Lubis menyebut, kalau Bobby Nasution adalah kandidat ke-16 yang mendaftar di Partai Golkar. Siapapun yang ditunjuk Dewan Perwakilan Pusat (DPP) nantinya, Partai Golkar Medan siap memenangkan.

2. Doli Sinomba Siregar
Doli ini merupakan paman Boby Nasution. Dia mengaku serius untuk maju di Pilkada Tapanuli Selatan (Tapsel).  

Doli Sinomba Siregar maju pada Pilkada Tapsel dengan melalui sejumlah partai politik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline