Lihat ke Halaman Asli

La Vita e' Bella

Diperbarui: 24 Mei 2018   02:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Terrorist menurut  Cambridge Dictionary:  someone who uses violent action, or threats of violent action, for political purposes adalah seseorang yang menggunakan aksi kekerasan, atau ancaman aksi kekerasan, untuk tujuan politik. Fenomena bom Surabaya yang melibatkan satu keluarga: suami, istri dan anak-anaknya. Ayah dari anak-anak tersebut memiliki impian belaka "surga" dengan membawa suatu keyakinan.

Ayah sebagai kepala keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan inti sebuah keluarga. Karena ayah sebagai individu  memiliki kapasitas untuk bisa memilih tujuan dan tingkah laku baru dan mengganti arah hidupnya. Posisi hidup, posisi hidup ini berhubungan dengan eksistensi hidup individu karena merupakan penilaian dasar terhadap diri dan orang lain. Posisi ini merupakan titik pangkal dari setiap kegiatan individu, seperti dalam berkomunikasi dan dalam pembuatan rencana. Ada empat posisi hidup yaitu :

I'm OK you're Ok

Posisi ini menunjukkan gambaran kepribadian seseorang yang sangat positif karena secara transaksional apa yang individu  pikirkan juga mendapat dukungan orang lain. Posisi ini memiliki potensi untuk mengembangkan mental yang sehat. Individu yang dapat mencapai posisi ini akan dapat menyelesaikan masalahnya dengan konstruktif, jika individu ingin mencapai posisi hidup "I'm OK you're OK" individu harus dapat menyetarakan ego state dengan lawan bicara, sehingga terjadi transaksi komplementer  karena baik individunya maupun orang lain sama-sama menyetujui.

I'm OK you're not OK

Posisi ini bertitik tolak dari posisi individu baik, tetapi yang lain tidak baik. Salah satu individu dapat mencapai posisi hidup yang OK namun posisi ini diperoleh dengan mengalahkan orang lain dengan banyak konflik dan persaingan hanya mendapat kemenangan sepihak. Posisi ini digunakan individu yang merendahkan orang lain atau mencurigai motif-motif orang lain. Posisi ini berkembang dari suatu reaksi yang berlebihan terhadap perlakuan not  OK.  Contoh dari ini adalah perilaku terorisme , hal ini terjadi akibat dari pengambilan posisi I'm OK -- You're not OK. Individu yang memiliki posisi ini, mereka adalah individu-individu yang selalu merasa benar dan orang lain salah.

I'm not OK, you're OK

Individu memilih dan menilai benar apa yang dikatakan orang lain walaupun tidak sesuai dengan hidupnya. Posisi ini biasanya dimiliki oleh individu yang merasa tidak punya kekuatan dibandingkan orang lain.  Seorang individu yang memilih posisi ini akan patuh dan selalu mengikuti perintah orang lain. Posisi ini memang dapat mengarahkan pada kehidupan yang produktif tetapi tidak memuaskan. Dan pada posisi ini sering kali akan menyebabkan anak melakukan pengunduran diri, depresi, dan tindakan bunuh diri karena anak menganggap dirinya itu not OK. 

I'm not OK, you're not OK

Posisi ini menunjukkan gambaran kepribadian seseorang dimana orang tersebut berada dalam keadaan pesimis, putus asa, tidak dapat mengatasi dirinya, juga orang lain tidak dapat membantu, frutasi karena dari transaksi yang ada, baik dirinya sendiri maupun orang lain tidak ada yang OK.

Seharusnya  sebagai kepala rumah  memiliki posisi hidup  I'm OK you're Ok seperti sebuah film berjudul Life Is Beautiful (bahasa Italia: La vita bella [la vita bblla]) adalah film drama komedi Italia 1997 yang disutradarai oleh dan dibintangi oleh Roberto Benigni, yang ikut menulis film bersama Vincenzo Cerami. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline