Lihat ke Halaman Asli

Dimas Kanjeng dan Nikmatnya Menipu di Indonesia

Diperbarui: 11 Oktober 2016   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Negara Tempat Terjadinya Kebohongan

Indonesia tempat yang nyaman buat melakukan kebohongan. Scam teknologi dan bisnis tumbuh subur. Korbannya sudah banyak. Orang orang luar negeri juga banyak menggunakan Indonesia sebagai sasaran penipuan. Kadang kadang sasaran penipuan di luar Indonesia, tapi  menjadikan Indonesia sebagai tkp. Politisi melakukan penipuan untuk pencitraan.

Penipu Mancanegara

Pada pertengahan dekade 90 an terjadi penipuan tambang emas. Dilakukan oleh perusahaan tambang asal Canada, yaitu Bre-X. Lokasi pertambangan adalah Busang, Kalimantan Timur. Penipu membual bahwa di Busang terdapat deposit emas sangat besar. Mungkin terbesar di dunia.  Sample yang diambil dari lokasi sebetulnya tidak mengandung emas, tapi di ditaburi bubuk emas sebelum dikirim ke lab di Balikpapan. Masyarakat dunia terkecoh, harga saham Bre-X meroket. Investor mengejar saham tersebut. Putra putri presiden Suharto waktu itu sempat cakar cakaran memperebutkan gunung emas tersebut. Ternyata yang diperebutkan adalah pepesan kosong. Orang Bre-X kabur dari Indonesia. Salah satu tewas di Samarinda, melompat dari helikopter yang sedang terbang. Indonesia kecipratan malu.

Sebetulnya banyak penipu mancanegara yang melihat Indonesia merupakan lahan subur untuk arena penipuan. Scam yang dilakukan warga negara Nigeria banyak menimpa warga Indonesia. Wanita wanita Indonesia di FB banyak yang didekati oleh orang asing yang menggunakan foto palsu dan berpura pura jatuh cinta kepada wanita tersebut. 

Kelanjutannya uangnya digerogoti diikuti dengan pemerasan menggunakan foto vulgar yang sudah didapatkan dari wanita tersebut. Wanita yang sudah terjebak ke dalam scam dengan pemerasan ini akan dibuat sampai uangnya habis. Scammer mempunyai pengalaman dengan sifat masyarakat Indonesia yang mudah dititipu dengan mensitir teks teks agama. Ketika sang wanita secara rutin diingatkan oleh scammer ini untuk beribadah, maka hatinya langsung klepek klepek dan menganggap scammer orang jujur yang pantas dipercaya.

Penipu Lokal

Blue Energy

Masih belum sepuluh tahun lalu muncul penipu yang mengkadali presiden SBY tentang energi. Seorang pria mengaku telah berhasil menciptakan Blue Energy. Bahan bakunya adalah air. Bisa menggerakkan mesin mobil. Dia menyebutkan penemuannya ini dilandasi kitab suci. Penemuan ini dipamerkan pada forum konferensi perubahan iklim di bali. Presiden SBY membuat pidato yang memalukan mengenai penemuan ini. Bahkan rombongan paspampres pergi menuju Bali dengan dikatakan menggunakan mobil berbahan bakar blue energi ini. 

Suatu penipuan yang boleh dikatakan nekat. Kedok scientist ini akhirnya tebongkar. Pada hari kebangkitan nasional presiden SBY bermaksud memprerkenalkan scientist ini kepada khalayak dan diundang ke Jakarta pada acara negara dalam peringatan hari kebangkitan nasional. Scientist ini menghilang dan kemudian berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya.

Bayi Ajaib

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline