Lihat ke Halaman Asli

Hara Nirankara

Penulis Buku

Bersentuhan dengan Metafisika

Diperbarui: 19 September 2019   00:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by Hara Nirankara

Link video [ https://instagram.com/p/B2j5gtUgl05/?igshid=dx50g3sqz46a ]Sebenarnya kejadian ini sudah berlangsung beberapa bulan yang lalu, pengalaman tentang bergesekan secara langsung dengan dunia metafisika. Saat itu aku bersama teman baikku, Nanang. 

Aku mengajaknya untuk ngopi di Sapta Wening, sebuah desa di daerah Bawang, Kabupaten Batang. Perkara ngopi ini atas permintaanku, tetapi kawanku itu yang menentukan tempatnya. 

Setelah aku tahu nama tempat tersebut, aku bergegas untuk mencari semua informasi tentang tempat yang nantinya bakal kami singgahi. Ternyata di sana ada sebuah curug yang bernama Genting. Karena aku suka sekali dengan suasana yang berbau Curug, maka aku merengek kepada kawanku agar dia bersedia mengantarku ke sana.

Tujuanku ngopi tentunya untuk menenangkan pikiran, mengasingkan diri dari sebuah kota kecil bernama Pekalongan tetapi terlihat padat menjenuhkan kotanya. Singkat cerita, sampailah aku di kedai kopi itu. Suasananya nyaman, sejuk, dingin, banyak pohon karet, dan juga perbukitan yang dapat mengobati kejenuhanku. 

Aku berdiskusi dengan Nanang perihal pola pikir manusia, feminisme, hingga seks. Aku pernah mempublikasikan perkara diskusi kami, jika kalian ingat dan pernah membacanya.

Kami berdua sangat menikmati suasana di kedai kopi. Ditemani dengan dua cangkir Vietnam Drip Arabica, tempe mendoan, singkong goreng, dan juga sebuah buku karya Dee Lestari. Entah kenapa aku sangat cocok sekali ketika sedang berdiskusi dengan kawanku itu. 

Sebenarnya awal pertemuan kita sedikit lucu, berawal dari berbalas komentar di facebook, lanjut chat via pesan facebook, dan berakhir akrab di dunia nyata. Ternyata dia tetangga dari kakak iparku. Dia juga ternyata adik kelasku ketika di STM dan mengambil jurusan yang sama. Oh well, saya skip saja.

Setelah puas ngopi dan diskusi, tibalah saatnya untuk ke Curug Genting. Sebuah Curug yang terletak di Desa paling akhir, sebuah Curug yang terdapat Goa yang 'katanya' langsung menembus ke Yogyakarta. Tukang parkir di tempat itu menatapku dengan penuh misteri, dan aku pun merasakan hal yang janggal.

 Saat itu tidak banyak pengunjung, yang aku ingat ada 4 sepeda motor yang terparkir. Aku acuhkan tukang parkir yang aneh itu. Ketika aku menyentuh tangga pertama, aku langsung merinding. 

Aku coba berpikir positif, dan aku lihat banyak tenda-tenda pedagang yang tidak berjualan. Tahukah kalian, apa yang ada di pikiranku ketika melihat rentetan tenda pedagang yang sepi? Aku langsung terbayang Pasar Ghaib di di jalur pendakian via Dieng. Saat itu juga aku semakin merinding tetapi mencoba untuk tenang.

Dan, tibalah di pintu gerbang utama yang bisa kalian lihat sendiri pada video. Sekujur tubuhku merinding, kakiku tiba-tiba lemas, tapi aku masih memberanikan diri untuk melihat Curug Genting. Ketika aku melewati Tugu Barong itu, serrrrrrrrrr, bulu kudukku berdiri semua. Aku dan kawanku berjalan menuruni ratusan anak tangga menuju Curug. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline