Lihat ke Halaman Asli

Hendra Jawanai

Creative Director/Producer/Writer

Review "Tar": Isu Gender dalam Industri Musik Klasik

Diperbarui: 6 Mei 2023   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cate Blanchett dalam Tar (2022), foto dari rottentomatoes.com

Berlatarkan musik klasik barat di dunia internasional, film Tar berpusat pada Lydia Tar, yang dianggap sebagai salah satu komposer dan dirigen/konduktor (conductor) terbesar yang masih hidup, dan juga menjadi direktur wanita pertama dari sebuah orkestra besar di Jerman.

Tar adalah sebuah film drama psikologis yang ditulis dan disutradarai oleh Todd Field dan dirilis pada tahun 2022. Film ini dibintangi oleh Cate Blanchett sebagai Lydia Tar, seorang dirigen ternama yang dituduh melakukan pelecehan seksual. Film ini juga menampilkan Nina Hoss, Nomie Merlant, Sophie Kauer, Julian Glover, Allan Corduner, dan Mark Strong sebagai pemeran pendukung.

Baca juga:
Kekerasan, Konflik, dan Korupsi dalam Film The Godfather

Pengakuan dan penghargaan

Film Tar ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Venice ke-79 pada bulan September 2022, di mana Blanchett memenangkan Piala Volpi untuk Aktris Terbaik. Film ini dirilis secara terbatas di Amerika Serikat pada tanggal 7 Oktober 2022, sebelum kemudian dirilis secara luas pada tanggal 28 Oktober oleh Focus Features.

Tar menjadi film keempat dalam sejarah yang dinobatkan sebagai film terbaik tahun ini oleh New York Film Critics Circle, Los Angeles Film Critics Association, London Film Critics' Circle, dan National Society of Film Critics. Film ini dinobatkan sebagai film terbaik tahun ini oleh lebih banyak kritikus daripada film lain yang dirilis pada tahun 2022.

Pada Academy Awards ke-95, Tar dinominasikan untuk enam penghargaan, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik. Blanchett memenangkan penghargaan Aktris Terbaik di BAFTA, Golden Globes, dan Critics' Choice Movie Awards atas penampilannya di film ini. Blanchett juga dinominasikan di Screen Actors Guild Awards.

Baca juga:
Cinta Tanpa Batas dengan AI dalam Film Her

Drama fiksi psikologis

Tar adalah film drama psikologis yang mengisahkan tentang Lydia Tar, seorang konduktor wanita terkenal di Berlin Philharmonic. Saat sedang bersiap-siap untuk rekaman langsung Mahler's Fifth Symphony dan promosi buku Tar on Tar, Lydia terlibat dalam kontroversi atas tuduhan pelecehan seksual.

Ia mengambil keputusan-keputusan kontroversial dalam rekrutmen anggota orkestra dan kemudian terjerat dalam skandal. Semua hubungan dekatnya mulai retak, termasuk dengan asistennya, istri dan concertmaster-nya, serta Olga Metkina, salah satu anggota orkestra. Akibatnya, Lydia kehilangan pekerjaannya, mengalami kesepian, dan akhirnya menjadi semakin terpuruk secara emosional dan mental.

"Led by the soaring melody of Cate Blanchett's note-perfect performance, Tar riffs brilliantly on the discordant side of fame-fueled power."
(Critics Consensus, rottentomatoes.com)

Ada beberapa unsur yang menonjol dari film Tar:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline