Lihat ke Halaman Asli

Harry Dethan

TERVERIFIKASI

Health Promoter

ASI Eksklusif dan Manfaatnya bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Diperbarui: 25 Februari 2019   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya permberian ASI Ekslusif kepada bayi berumur 0-6 Bulan (Sumber:www.ndtv.com)

Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang sehat dan tidak mudah mengalami sakit. Jika anak mengalami sakit, segala aktivitas orangtua akan terganggu. Selain aktivitas yang terganggu, orangtua akan mengalami kepanikan dan stres. Tak hanya pikiran saja yang terganggu, tetapi biaya, tenaga dan waktu juga akan terkuras demi sang anak yang sedang sakit.

Penyakit tidak akan mudah menyerang sang anak jika dia memiliki daya tahan tubuh yang baik. Lantas, dari mana datangnya daya tahan tubuh yang baik? Daya tahan tubuh yang baik bisa didapat dari banyak hal, seperti makanan yang bergizi, pola asuh yang baik dan kasih sayang pada sang anak.

Berkaitan dengan pemberian makanan yang bergizi dan pola asuh, hal ini harus diperhatikan semenjak anak berada di dalam kandungan, hingga anak beranjak dewasa. 

Konsumsi makanan yang bergizi dan pemeriksaan yang baik saat masa kehamilan dapat menghasilkan kelahiran anak dengan potensi kekebalan tubuh serta kecerdasan yang baik.

Setelah anak lahir, tentunya sebagai orangtua banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin sang anak tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. 

Hal tersebut adalah pemberian ASI (Air Susu Ibu) yang diberikan pada anak, tanpa pemberian makanan ataupun minuman lain, termasuk air putih dan susu formula pada anak yang berusia 0-6 bulan. Proses ini biasanya disebut dengan istilah ASI Eksklusif.

Tentunya sudah banyak orangtua yang sering mendengar istilah ini. Baik orangtua yang berada di kota maupun di desa, sudah paham ketika ditanya mengenai ASI Eksklusif. Namun dalam penerapannya, terkadang terjadi kelalaian yang membuat keinginan untuk menjalankan ASI Eksklusif menjadi gagal. Contohnya, saat pemberian obat kepada sang anak, terkadang orangtua memberikannya dengan menggunakan air putih. 

Selain itu, banyak juga ditemui budaya-budaya yang masih dipegang di beberapa daerah. Seperti pemberian madu atau kopi pada anak berusia 0-6 bulan dengan tujuan agar anak tidak mengalami kejang dan mitos lainnya yang tentunya perlu diluruskan.

Lalu, mengapa anak yang berusia 0-6 bulan perlu hanya diberikan ASI saja? Jika pertanyaan ini dilontarkan, jawabannya adalah karena sang anak yang berusia 0-6 bulan "hanya" membutuhkan ASI saja. Hal seperti makanan ataupun minuman yang lain belum dibutuhkan oleh tubuh sang anak. Oleh karena itu, organ pencernaan sang anak akan menganggap makanan dan minuman lain seperti "zat asing" yang masuk ke dalam tubuh.

Alasan kedua mengapa anak berusia 0-6 bulan hanya membutuhkan ASI adalah karena lambungnya masih sangat kecil dan rentan. Hanya ASI saja yang bisa dicerna oleh lambung dari anak yang berusia 0-6 bulan.

Alasan lain yang harus diketahui adalah ASI sudah memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap bagi anak yang berusia 0-6 bulan. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, zat kekebalan tubuh dan semua zat yang diperlukan oleh anak sudah terkandung di dalam ASI. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline