Lihat ke Halaman Asli

Hana Nurdiana

Mahasiswa

KKN UNS Era Covid-19, Mahasiswa UNS Edukasi Masyarakat di Ds. Nguntoronadi RT 010/RW 002 dengan Cara Inovatif

Diperbarui: 9 Juli 2020   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

(Magetan, Juli 2020) 

Tahun 2020 adalah tahun yang berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan dunia dikagetkan dengan munculnya virus baru yang berasal dari kota Wuhan, China. Virus ini bernama Coronavirus atau disebut Covid-19. Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini sangat menghebohkan dunia dikarenakan cara penyebarannya yang sangat mudah, yaitu melalui udara. Akibat penyebaran virus ini yang sangat mudah, masyarakat diwajibkan melakukan langkah - langkah preventif diantaranya mencuci tangan sebelum meyentuh sesuatu dan melakukan physical distancing.

Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan salah satu universitas yang setiap semesternya melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara rutin. Namun KKN UNS ini berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, dikarenakan KKN dilaksanakan ditengah pandemi. Akibatnya, KKN UNS dilakukan di daerah masing - masing. Program ini dilaksanakan dengan keterbatasan, namun tidak menghalangi semangat mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dengan menerapkan program - program unggulannya.

Hana Nurdiana adalah salah satu mahasiswa Program Studi S1 Kimia FMIPA dengan NIM M0317031 yang melaksanakan KKN UNS Era Covid-19 dengan pembimbing Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, ST, M.Si. Magetan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan penyebaran Covid-19 yang terbilang luas. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Jumat, 12 Juni 2020 mencatat pasien positif Covid-19 sebanyak 88 kasus. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Magetan terus meminta warga setempat menerapkan protokol kesehatan dalam masa normal baru untuk mencegah penyebaran Covid-19, seperti berperilaku hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan dengan sabun, selalu memakai masker bila terpaksa ke luar rumah, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Hana Nurdiana tercatat sebagai mahasiswa UNS yang mengikuti KKN UNS Era Covid-19 Batch II yang berlangsung tanggal 16 Mei - 30 Juni 2020 di Ds. Nguntoronadi RT 010/RW 002, Kec. Nguntoronadi, Kab. Magetan, Jawa Timur. Tema yang diusung adalah Tema Besar Pendidikan selama Covid-19. "Saya harap dengan adanya KKN UNS Era Covid-19 ini, saya bisa membantu warga Ds. Nguntoronadi RT 010/RW 002, Kec. Nguntoronadi, Kab. Magetan untuk menghadapi masa pandemi ini", ujar Hana. 

Dia pun juga menerangkan Program Kerja KKN yang akan dilaksanakan di tengah pandemi ini, diantaranya adalah berbagi informasi mengenai Covid-19 melalui media sosial, melakukan pembelajaran mengaji pada anak - anak dan orang dewasa, membantu kegiatan belajar anak - anak di tengah pandemi, melakukan sosialisasi kepada anak - anak cara menanam tanaman untuk mengisi waktu luang, membantu tenaga pendidik membuat Google Formulir untuk UAS secara online, melakukan sosialisasi cara mencuci tangan dengan benar bersama anak - anak dan masyarakat Ds. Nguntoronadi RT 010/RW 002 serta pemberian sabun untuk cuci tangan, sosialisasi untuk menggunakan masker dan pembagian masker kain, dan melakukan sosialisasi pembuatan hand sanitizer dengan bahan alami yang mudah diperoleh, yaitu menggunakan daun sirih dan jeruk nipis.

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

KKN UNS Era Covid-19 di Ds. Nguntoronadi RT 010/RW 002, Kec. Nguntoronadi, Kab. Magetan berjalan dengan lancar. Masyarakat sangat antusias mengikuti pengarahan yang diberikan. "Alhamdulillah masyarakat  menyambut KKN UNS Era Covid-19 dengan senang hati dan antusias sekali, semoga memberi manfaat untuk kita semua", ujar Hana. Selain itu, Hana mengungkapkan rasa bersyukur telah menjalankan Program Kerja KKN ini dengan lancar. "Alhamdulillah KKN UNS Era Covid-19 telah dijalankan Saudari Hana dengan sangat baik dan dapat berjalan dengan lancar, program yang dijalankan sangat bagus dan inovatif semoga bermanfaat untuk kita semua", ujar Marto Setu selaku Ketua RT.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline